Transisi Bisnis Konvensional ke Digital Butuh Dukungan Berbagai Pihak, Ini Alasannya

- Rabu, 2 November 2022 | 18:47 WIB
Seminar Nasional dan Call for Paper bertema “UMKM Jateng Gayeng GO GRANDE (Go Green, Sustainable, Digital, dan Export) yang diselenggarakan Jurusan Akuntansi Polines Semarang di Hotel Grasia Semarang. (SM/dok)
Seminar Nasional dan Call for Paper bertema “UMKM Jateng Gayeng GO GRANDE (Go Green, Sustainable, Digital, dan Export) yang diselenggarakan Jurusan Akuntansi Polines Semarang di Hotel Grasia Semarang. (SM/dok)


SEMARANG, suaramerdeka.com - Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Semarang (Polines) mengadakan Seminar Nasional dan Call for Paper dengan tema “UMKM Jateng Gayeng GO GRANDE (Go Green, Sustainable, Digital, dan Export)”.

Acara yang digelar secara offline di Merapi Hall Hotel Grasia Semarang dan daring itu menghadirkan sejumlah narasumber.

Seperti Analis Pengembangan Bisnis Ritel Divisi Ritel dan UMKM Bank Jateng, Wahyu Toto Waskito, Kepala Balai Pelatihan Koperasi, UKM Provinsi Jawa Tengah, Hatta H Yunus, S.STP, M.Si.

Baca Juga: Cukup 100 Ribuan, Bisa Dapat Set Top Box (STB), Nonton Siaran TV Digital Bukan Lagi Impian

Kemudian, Head of Factory PT Semarang Herbal Indoplant - Sidomuncul Group Ir Hadi Hartojo, dan Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah Ir Agus Suranta, M.Si.

Sejumlah problem UMKM muncul dalam seminar itu, seperti keterbatasan manajemen sumber daya manusia untuk mengolah sumber daya ekonomi yang tersedia agar mampu Go Export.

Kemudian peralihan green business/green industries untuk Go Sustainable dan percepatan transisi bisnis konvensional menuju Go digital business.

Salah satu narasumber, Wahyu Toto Waskito mengatakan Bank Jateng turut berperan dalam pembangunan berkelanjutan kepada UMKM, seperti permodalan untuk penambahan unit pengolahan limbah.

Kemudian kredit modal kerja dalam rangka pembelian bahan baku ramah lingkungan, dukungan Gerakan Non Tunai melalui QRIS, dan lainnya.

Baca Juga: Sembako Serupiah Tebus Murah Pakai QRIS Diserbu Pegawai PT Nesia Pan Pacific Knit

Halaman:

Editor: Hendra Setiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rektor USM Hadiri Rapimnas PII 2023 di Balikpapan

Selasa, 24 Januari 2023 | 20:54 WIB
X