PPK Ormawa BEM KM Unnes Produksi Briket dari Limbah Minyak Kayu Putih

- Selasa, 11 Oktober 2022 | 12:25 WIB
Kegiatan Abdi Desa Unnes dalam pembuatan briket dari kayu putih. (suaramerdeka.com / dok)
Kegiatan Abdi Desa Unnes dalam pembuatan briket dari kayu putih. (suaramerdeka.com / dok)

GROBOGAN, suaramerdeka.com - Tim PPK Ormawa BEM KM Unnes menggelar kegiatan Abdi Desa pada tanggal 7 hingga 9 Oktober 2022, di Desa Klitikan, Kecamatan Kedungjati, Kabupaten Grobogan.

Pelaksanaan Abdi Desa Unnes merupakan lanjutan Abdi Desa yang telah terlaksana bulan Agustus lalu berupa pelatihan pembuatan briket sebagai bahan bakar alternatif dengan memanfaatkan limbah minyak kayu putih.

Pelatihan tersebut dikhususkan untuk melatih hardskill pengurus Rumah Inovasi, di mana dalam praktik pembutannya tersebut masih menggunakan alat sederhana.

Baca Juga: Keluarga Korban Penembakan di Texas Masih Menunggu Kepastian Pemulangan Jenazah Novita Kurnia

Dalam pelatihan lanjutan ini, praktik pembuatan briket sudah menggunakan alat yang lebih memadai yaitu dengan 2 mesin yang berupa mesin penepung dan pengulen serta alat pencetak dan oven.

Dalam kesempatan ini, tim PPK Ormawa menyampaikan materi lanjutan terkait produksi briket menggunakan mesin dengan metode torefaksi.

Selain untuk meningkatkan kualitas lingkungan, briket diproduksi untuk dapat digunakan sebagai bahan bakar alternaif pengganti arang dan kayu bakar yang dibutuhkan ketika proses penyulingan minyak kayu putih.

Baca Juga: Baca Prediksi Karir dan Keuangan Zodiak Aries, Aquarius, Cancer, Capricorn, Gemini, Leo, Rabu 12 Oktober 2022

Selain itu produksi briket ini juga dapat digunakan sebagai sumber usaha baru yang nantinya diharapka dapat dipasarkan.dengan skala luas. Dalam kesempatan ini disampaikan juga beberapa keunggulan briket dibanding areng biasa

“Keunggulan produk briket ini jika dibandingkan areng biasa yaitu pada abu yang dihasilkan, tingkat kepanasan dan ketahanan dari briket itu sendiri di mana satu batang briket tersebut jika dipanaskan dapat bertahan selama kurang lebih 3 jam” tutur Wafikul sala satu anggota tim PPK Ormawa

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rektor USM Hadiri Rapimnas PII 2023 di Balikpapan

Selasa, 24 Januari 2023 | 20:54 WIB
X