Tingkatkan Profesional Pendidik, Guru Dibekali Pelatihan Karya Ilmiah

- Selasa, 11 Oktober 2022 | 11:19 WIB
Pelatihan penulisan karya ilmiah kepada para guru sekolah dasar yang diselenggarakan oleh Cendekia FPMIPATI UPGRIS. (suaramerdeka.com/dok)
Pelatihan penulisan karya ilmiah kepada para guru sekolah dasar yang diselenggarakan oleh Cendekia FPMIPATI UPGRIS. (suaramerdeka.com/dok)

suaramerdeka.com - Cendekia Fakultas Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi (FPMIPATI) Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) konsisten untuk mendampingi guru-guru dalam pengembangan profesionalisme.

Cendekia FPMIPATI UPGRIS bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak, menyelenggarakan Bimtek Penulisan Karya Ilmiah dan Karya Inovasi.

Kegiatan ini merupakan Program Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus (PPUPIK) yang didanai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Kemendikbudristek.

Baca Juga: UPGRIS Turut Sampaikan Dukacita atas Tragedi Kanjuruhan Malang

"Pelatihan ini kami peruntukan bagi para guru SD di Kabupaten Demak, dan dilaksanakan secara luring alias tatap muka. Kegiatan tersebut kami laksanakan selama tiga hari," kata Direktur Cendekia Dr Nizaruddin MSi.

Adapun kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Amantis, Kabupaten Demak baru-baru ini.

Menurut Nizaruddin, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan keharusan dan kebutuhan yang sangat penting bagi guru untuk meningkatkan profesional seorang pendidik.

Baca Juga: Bahas Hasil Riset, Tiga Profesor Luar Negeri Hadiri Konferensi Internasional UPGRIS

"Pascapandemi Covid-19, guru dituntut untuk dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas dan kuantitas proses pembelajaran," ujarnya.

Pada sisi lain, minat, motivasi dan karakter siswa untuk mau belajar menjadi fokus yang perlu diperhatikan oleh guru.

Halaman:

Editor: Eko Fataip

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Akademisi UPGRIS Edukasi Pentingnya Pola Asuh Anak

Selasa, 7 Februari 2023 | 13:34 WIB
X