Bantu Tingkatkan Produktivitas Petani Teh, Ini yang Dilakukan BEM Fakultas Teknik Unnes

- Senin, 10 Oktober 2022 | 09:40 WIB
Kegiatan pendampingan oleh BEM Fakultas Teknik Unnes terhadap petani teh di Dusun Gempol, Kabupaten Kendal. (suaramerdeka.com/dok)
Kegiatan pendampingan oleh BEM Fakultas Teknik Unnes terhadap petani teh di Dusun Gempol, Kabupaten Kendal. (suaramerdeka.com/dok)

suaramerdeka.com - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang (Unnes) membantu meningkatkan produktivitas petani teh di Dusun Gempol.

Dusun tersebut teletak di Desa Ngesrepbalong, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Provinsi Jateng.

Kegiatan pendampingan ini merupakan bagian dari Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa), yang digagas oleh Kemendikbudristek.

Baca Juga: Dorong UMKM Naik Kelas, Akademisi Unnes Bekali Pengetahuan Tata Kelola Kas

Ketua tim Bahrul Alam menyatakan, tujuan diselenggarakan pengabdian masyarakat ini di antaranya penerapan teknologi tepat guna berupa mesin pengolah teh multi phase.

Mesin tersebut untuk meningkatkan secara kualitas maupun kuantitas terkait produksi teh yang dihasilkan oleh petani.

"Tujuan lainnya dapat membentuk kelembagaan UMKM berbasis kelompok petani teh Dusun Gempol yang mandiri dan berdaya saing, serta menghasilkan produk inovasi teh melalui produksi dan pelabelan," kata Bahrul.

Baca Juga: Unnes Gunung Pati Tergenang, Warganet Soroti Buruknya Sistem Drainase Jalan yang Justru Dicor

Selain itu, pihaknya berharap kegiatan pengabdian ini dapat menjadikan produk-produk hasil UMKM dusun setempat dapat mempunyai citra yang baik, nilai jual dan daya saing yang tinggi.

"Kami melaksanakan transfer knowledge kepada masyarakat Dusun Gempol dengan praktik pengemasan dan pelabelan produk Daun Teh," ujarnya.

Halaman:

Editor: Eko Fataip

Tags

Artikel Terkait

Terkini

FE Unnes Komitmen Wujudkan Zona Integritas

Kamis, 2 Februari 2023 | 12:54 WIB

Akademisi Bekali Masyarakat Pelatihan Ekoenzim

Rabu, 1 Februari 2023 | 16:44 WIB
X