Pembagian Laptop untuk Digitalisasi Sekolah Layak Diapresiasi, Perlu Disertai Langkah Lain

- Senin, 2 Agustus 2021 | 09:00 WIB
siswa belajar online/Foto Pixabay
siswa belajar online/Foto Pixabay

JAKARTA, suaramerdeka.com - Program pemerintah untuk digitalisasi sekolah melalui pembagian laptop dan berbagai perangkat pendukung, layak diapresiasi.

Meski begitu, perlu disertai sederet langkah lainnya, seperti memastikan konektivitas internet yang baik, kriteria penerima yang jelas, literasi digital yang memadai dan kesiapan guru.

Tak kalah pentingnya dari perlunya memastikan pemerataan konektivitas internet untuk memperkecil kesenjangan digital antardaerah di Indonesia.

Kriteria penerima bantuan pun harus jelas agar program dapat tepat sasaran serta mampu menyetarakan landasan dan kesempatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) bagi para siswa, dari kelas sosial dan daerah manapun mereka berasal.

Baca Juga: Tenaga Kesehatan RST Bhakti Wira Tamtama Dibantu Sembako, Terus Disemangati KSAD

“Kriteria penerima yang jelas akan sangat menentukan kesuksesan program ini karena dapat membantu mereka untuk mengejar ketertinggalan selama PJJ berlangsung,” ujar jelas Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Latasha Safira.

Kewajiban siswa/orang tua penerima bantuan juga perlu dijelaskan, termasuk pihak mana yang akan bertanggung jawab kalau terjadi kerusakan atau kehilangan dan terkait pemeliharaan dari gawai yang mereka terima.

Selain kedua hal tadi, literasi digital perlu terus dibangun di kalangan para siswa, guru dan pihak sekolah.

Baca Juga: Pentingnya Personal Branding untuk Perusahaan Hadapi Tantangan

Salah satu langkah strategis yang dapat dilakukan adalah dengan mengintegrasikan literasi digital ke dalam kurikulum sekolah.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lima Kosa Kata Popular yang Sudah Ada di KBBI

Senin, 20 September 2021 | 07:42 WIB

5.000 Siswa SD – SMP di Blora Terima Bantuan PIP

Senin, 20 September 2021 | 06:45 WIB

Membanding-bandingkan Anak Tak Selalu Memotivasi

Minggu, 19 September 2021 | 22:26 WIB
X