Ahmad Umar, Diberi Gelar Bapak Madrasah Indonesia

- Minggu, 1 Agustus 2021 | 21:55 WIB
Dr H Ahmad Umar MA (SM/Surya Yuli P)
Dr H Ahmad Umar MA (SM/Surya Yuli P)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Empat tahun Dr Ahmad Umar MA menjabat sebagai Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah di Kementerian Agama RI.

Di masa itu, kepemimpinan dipilih, banyak prestasi yang berhasil ditoreh Ahmad Umar untuk memajukan madrasah di Tanah Air.

Program Umar adalah menjadikan ''Madrasah Hebat Bermartabat, dan Berkelas Dunia''. Terbukti banyak madrasah di Indonesia maju dengan pesat.

''Alhamdulillah, saya lega dan bahagia,'' kata Ahmad Umar setelah melepas jabatannya sebagai Direktur KSKK dan kemudian dilantik sebagai Direktur Pusat Pembinaan dan Pengawasan Jaminan Produk Halal Kementerian Agama RI, baru-baru ini.

Baca Juga: Beri Motivasi, TNI - Polri, Brimob Sambangi Warga Isoman

Bagi Umar, kecintaannya terhadap madrasah sudah mendarah daging. Dia memimpin KSKK yang membawahi lembaga pendidikan Islam dari tingkat Raudlatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah (MA) se-Indonesia. Kebahagiaan Umar bukan tanpa alasan, mampu menjalankan amanah untuk memajukan madrasah, yang masih dipandang sebelah mata oleh masyarakat.

Kelebihan pria kelahiran Grobogan, 9 Januari 1964 ini dibesarkan di madrasah. Ahmad Umar menyelesaikan pendidikan dasar dan menengahnya di madrasah, mulai dari MI Miftahul Islam Grobogan, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama di Demak, Jawa Tengah.

Umar kemudian melanjutkan pendidikannya ke Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang (1990), Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (1993), dan Doktoral UIN Sunan Kalijaga (2009).

''Jadi kecintaan saya kepada madrasah bukan karena saya sebagai Direktur KSKK, tapi puncak kebahagiaan saya adalah ketika di situ saya bisa banyak berbuat untuk kemaslahatan, dari kurikulum kebijakan, kebijakan dalam kesiswaan, tatakelola madrasah, termasuk sarana dan prasarana madrasah saya kelola,'' ungkap Umar di sela-sela peluncuran buku Bapak Madrasah Indonesia ; Testimoni atas Kinerja Dr H Ahmad Umar MA.

Berkisah tentang perjalanannya sebagai Direktur KSKK Madrasah, Umar menceritakan dia mendapatkan amanah tersebut pada 2017 silam, bersama Direktur KSKK Madrasah sebelumnya, Muhammad Nur Kholis Setiawan.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Dapat Bantuan Dana Abadi, UGM Beri Beasiswa Mahasiswa

Sabtu, 18 September 2021 | 13:52 WIB

Dosen Polines Jadi Ketua Persatuan Insinyur Jateng

Kamis, 16 September 2021 | 22:56 WIB
X