Indra Herlambang Berikan Tips Selaraskan Studi dan Passion

- Sabtu, 31 Juli 2021 | 14:05 WIB
Indra Herlambang
Indra Herlambang

 JAKARTA, suaramerdeka.com - Presenter televisi, Indra Herlambang, memberikan tips dan strategi bagaimana menembus perguruan tinggi negeri ternama.

Selain itu, juga diberikan tips bagaimana menjalankan studi dan kemudian hobi yang bisa mendukung karir sesudah selesai kuliah.

“Tiga hal harus diperhatikan; passion, plan, dan parent. Semua itu akan memudahkan kita dalam menempuh studi di perguruan tinggi,” ujar Indra Herlambang ketika berbagi pengalaman dalam acara puncak Edufair Part 1 Big Hopes Big Stories-Alumni Talks (HARAPAN) yang digelar SMAN 8 Jakarta secara daring, Jumat siang-petang, 30 Juli 2021.

Baca Juga: Investasi Bisa Tingkatkan Daya Saing Pertanian, Pemerintah Perlu Lebih Terbuka

Dalam acara yang diikuti sekitar 300 siswa dan orang tua ini, Indra yang juga alumni SMAN 8 Jakarta menjelaskan bagaimana passion atau kesukaan kita atas bidang studi tertentu, lalu merencanakan setelah lulus mau ke mana atau ingin bekerja sebagai apa.

Setelah itu, perlu juga mendiskusikan dengan orang tua.

“Seringkali dalam pemilihan bidang studi, keinginan kita dan orang tua berbeda. Orang tua punya alasan dan kita juga punya keinginan. Makanya harus ada kompromi agar tidak stres, kita harus meyakinkan orang tua atas pilihan program studi dan universitas yang akan dipilih,” ujarnya.

Baca Juga: Kapolri Apresiasi Alumni Akpol 91 dan Mahasiswa Gencarkan Percepatan Vaksinasi Covid-19

Kepada adik-adik yang masih duduk di kelas XII, Indra yang kemudian menyelesaikan studi di Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB dan lulus cum laude ini menyarankan agar kita cepat beradaptasi menghadapi situasi yang kerap tak menentu seperti saat ini.

“Bila kita mampu cepat beradaptasi, baik studi, kerjaan, karir dan sebagainya akan mudah teratasi apabila ada kendala,” kata Indra, yang kini juga tengah mengembangkan sekolah puclic speaking.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gubernur NTT Raih Gelar Doktor di UKSW Salatiga

Senin, 25 Oktober 2021 | 10:48 WIB

PTM Terbatas, Tantangan Baru bagi Guru dan Siswa

Minggu, 24 Oktober 2021 | 22:48 WIB

UPGRIS-Dokkes Polda Jateng Gelar Vaksinasi Lanjutan

Minggu, 24 Oktober 2021 | 21:40 WIB
X