Dorong UMKM Naik Kelas, Akademisi Unnes Bekali Pengetahuan Tata Kelola Kas

- Jumat, 7 Oktober 2022 | 10:48 WIB
Kegiatan pendampingan yang juga bagian dari kegiatan pengabdian Fakultas Ekonomi Unnes kepada UMKM Omah Ngekopi di Kabupaten Pati. (suaramerdeka.com / dok)
Kegiatan pendampingan yang juga bagian dari kegiatan pengabdian Fakultas Ekonomi Unnes kepada UMKM Omah Ngekopi di Kabupaten Pati. (suaramerdeka.com / dok)

PATI, suaramerdeka.com - Sejumlah akademisi dari Universitas Negeri Semarang (Unnes) membekali pengetahuan dan pemahaman kepada pelaku UMKM.

Pemahaman tersebut berupa wawasan tentang studi kelayakan usaha, tata kelola kas dan penyusunan laporan arus kas bagi UMKM Omah Ngekopi di Kabupaten Pati.

Pendampingan yang juga bagian dari kegiatan pengabdian Fakultas Ekonomi Unnes ini beranggotakan Kuat Waluyo Jati, Asrori, Annis Nurfitriana Nihayah dan Rima Murtiningsih.

Baca Juga: Denny Darko Bicara Arti Nama Lesti Kejora dan Rizky Billar: Keberatan tapi Bawa Hoki

Ketua tim pengabdi Kuat Waluyo menilai, jumlah pelaku UMKM Provinsi Jawa Tengah sebetulnya mengalami peningkatan selama pandemi Covid-19.

"Sayangnya perkembangan secara kuantitas belum sesuai dengan harapan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Jawa Tengah," ujanya.

Mereka para pelaku UMKM dinilai masih kesulitan dalam mengambil keputusan bisnis di masa pandemi Covid-19.

Baca Juga: Calon Orang Kaya Baru (OKB) Oktober 2022, Asik! 4 Zodiak Ini Ketiban Banyak Rezeki dari Segala Sisi

Hal ini disebabkan kurangnya wawasan dan pengetahuan menghadapi perubahan yang tiba-tiba.

"UMKM belum mampu melakukan tata kelola kas dan penyusunan laporan arus kas sesuai dengan standar akuntansi keuangan," jelasnya.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

USM Gelar Talk Show Bahas Keefektifan Pembatasan BBM

Jumat, 25 November 2022 | 16:37 WIB

Senat USM Studi Banding ke Senat UMY

Rabu, 23 November 2022 | 19:24 WIB
X