85,3 Persen Siswa Takut Tertinggal Pelajaran selama Daring, Pakar Pendidikan: Perlu Integrasi Metode Hybrid

- Kamis, 29 Juli 2021 | 17:22 WIB
Pembelajaran online. (pikiran-rakyat.com) (Nugroho Wahyu Utomo)
Pembelajaran online. (pikiran-rakyat.com) (Nugroho Wahyu Utomo)

 JAKARTA, suaramerdeka.com - Pandemi Covid-19 memaksa metode pembelajaran tatap muka berganti menggunakan platform digital.

“Untuk mendukung pembelajaran jarak jauh, mau nggak mau harus berubah secara drastis dalam beradaptasi. Lembaga pendidikan harus mempercepat penyediaan pembelajaran melalui platform daring,” kata Knowledge Management and Innovation Director BINUS University, Dr. Elidjen dalam seminar bertajuk Industry Outlook 2nd Semester 2021, Kamis (29/7), seperti dikutip dari Katadata.co.id.

Knowledge Management and Innovation Director BINUS University, Dr. Elidjen mengatakan adanya pandemi Covid-19 memaksa metode pembelajaran tatap muka secara tiba tiba diganti dengan menggunakan platform digital.

Baca Juga: Kebumen Kembali Peringkat Madya Kabupaten Layak Anak, Wabup: Butuh Kerja Keras untuk Naik Peringkat

Covid-19 juga berdampak pada transformasi digital yang seharusnya dilakukan dalam kurun waktu dua tahun, dapat terlaksana dalam dua bulan saja.

“Terlepas dari kekurangan, saya sangat yakin jika ini terus diterapkan oleh lembaga pendidikan pasti akan menemukan satu kombinasi pembelajaran yang menarik,” ujar Elidjen.

Meskipun peralihan metode belajar ini terjadi di seluruh belahan dunia, namun sekolah daring masih tergolong asing di Indonesia. Apalagi perubahan akibat pandemi ini berlangsung secara cepat.

Berdasarkan studi Inventure-Alvara menunjukkan sebanyak 80,8% mengharapkan sekolah tatap muka. Tidak hanya itu, pada studi yang sama juga mengungkap sebanyak 85,3% merasakan sekolah daring membuat siswa tertinggal mengikuti pelajaran.

Baca Juga: Pepet Covid-19, Sentra Vaksinasi BPBD Jabar-Pemkab Bogor Sasar 56 Ribu Warga

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Kata Data

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PTM SMP 100 Persen, Disdik Imbau Tetap Prokes Ketat

Senin, 10 Januari 2022 | 19:09 WIB

SDN Cebongan 01 Juara Lomba Administrasi Gudep Pramuka

Senin, 27 Desember 2021 | 07:15 WIB
X