PKUM FPP Undip Bantu Peternak Produksi Pakan Komplet

- Senin, 3 Oktober 2022 | 15:30 WIB
Ketua Program PKUM Undip Dr Ir Cahya Setya Utama memberikan pakan komplet pada hewan ternak milik peserta program di Dukuh Plumbungan, Bae, Kudus. (suaramerdeka.com / dok)
Ketua Program PKUM Undip Dr Ir Cahya Setya Utama memberikan pakan komplet pada hewan ternak milik peserta program di Dukuh Plumbungan, Bae, Kudus. (suaramerdeka.com / dok)

KUDUS, suaramerdeka.com - Universitas Diponegoro (Undip) melalui program Penguatan Komoditi Unggulan Masyarakat (PKUM) bersinergi bersama peternak.

Undip dan mereka mengembangkan ekonomi produktif pedesaan dengan membuat pakan komplet untuk ternak kambing dan domba "bebas ngarit".

Pakan komplet atau complete feed merupakan pakan campuran dari hijauan/jerami dan bahan penyusun konsentrat atau konsentrat dengan perbandingan tertentu yang telah disesuaikan dengan kebutuhan ternak.

Baca Juga: Sukses Rintis Startup, Mahasiswa Udinus Sukses Juarai Pilmapres Nasional Tahun 2022

Formula pakan komplet ini merupakan kombinasi dari hasil penelitian di laboratorium Fakultas Peternakan dan Pertanian Undip yang telah diaplikasikan di lapangan sesuai dengan bahan pakan yang ada di lokasi mitra.

Ketua pelaksana kegiatan, Dr Ir Cahya Setya Utama, SPt,MSi,IPM mengatakan, pakan komplet yang dikembangkan pihaknya bertujuan untuk meningkatkan produktivitas hewan ternak.

PKUM sendiri merupakan program fasilitasi perguruan tinggi untuk pengembangan ekonomi pedesaan.

Baca Juga: Hari Ini, Polres Demak Mulai Gelar Operasi Zebra Candi 2022

Terkait program pendampingan peternak di Dukuh Plumbungan, Kecamatan Bae, Kudus, pihaknya memberikan stimulus berupa bantuan dua alat diskmill FFC 45 dan pengeraknya 24PK untuk membantu membuat pakan komplet.

"Kami berharap para peternak tidak terpancang pada musim dimana ketika musim kemarau pakan sangat sulit," kata Cahya, kemarin.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

STIE AMA Salatiga Dijadikan Kampus Berbasis Wirausaha

Senin, 5 Desember 2022 | 22:41 WIB

Manfaatkan Kemasan Produk, Dosen FE USM Bekali UMKM

Sabtu, 3 Desember 2022 | 11:42 WIB
X