Kembangkan Kota Sebagai Kawasan Wisata, Pelaku UMKM Didorong Naik Kelas

- Jumat, 30 September 2022 | 20:09 WIB
Kegiatan kick off 'Gastronomic City Branding' yang diadakan oleh tim penelitian Kedaireka Unika Soegijapranata di Hotel Aruss Semarang, Jumat 30 September 2022. (suaramerdeka.com/dok)
Kegiatan kick off 'Gastronomic City Branding' yang diadakan oleh tim penelitian Kedaireka Unika Soegijapranata di Hotel Aruss Semarang, Jumat 30 September 2022. (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Tim penelitian Kedaireka Unika Soegijapranata Semarang mendorong pelaku UMKM agar naik kelas dengan berbagai pelatihan dan pendampingan.

Ketua tim peneliti Dhiyan Krishna Wardhani ST MUE menilai, pelatihan yang dimaksud berupa pemanfaatan marketplace untuk strategi pemasaran, hingga literasi terkait pengemasan produk.

Pihaknya ingin, potensi bidang kuliner di suatu daerah bisa dioptimalkan dengan baik. Tujuannya untuk mengembangkan kota tersebut sebagai kawasan pariwisata.

Baca Juga: Mahasiswa Arsitektur Unika Menangi Sayembara Desain Kawasan Religi Ampel

"Pengembangan kota identik dengan kuliner khas setempat. Pengenalan kota dapat disalurkan melalui produk kuliner dengan berbagai ciri khas yang berasal dari pemanfaatan sumber pangan area setempat," kata Dhiyan disela-sela kegiatan kick off “Gastronomic City Branding” di Hotel Aruss Semarang, Jumat 30 September 2022.

Melalui kegiatan itu, masyarakat diharapkan akan memahami pentingnya pengembangan potensi kuliner terhadap identitas/ branding sebuah kota.

Kegiatan tersebut juga bagian dari program Matching Fung Kedaireka 2022 yang didanai oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Baca Juga: Teliti Mitigasi Kebencanaan di Alor NTT, Mahasiswi Unika Ini Juara 1 Kompetisi Karya Tulis Tingkat Nasional

Adapun judul penelitian yang diangkat oleh tim ini “Pengembangan Identitas Kota Solo Sebagai Kota Pariwisata Melalui Peningkatan Kualitas Kuliner”. Tim peneliti menggandeng Forum UMKM Surakarta, yang diketuai Ismail Rony Prasetyo SE.

Tim penelitian ini juga beranggotakan Dr A Rika Pratiwi, Mellia Harumi MSc, Louis Cahyo Kumolo Buntaran MM, dan melibatkan mahasiswa prodi Desain Komunikasi Visual (DKV), Rekayasa Infrastruktur dan Lingkungan (RIL), dan Teknologi Pangan (TP) Unika Soegijapranata.

Halaman:

Editor: Eko Fataip

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Manfaatkan Kemasan Produk, Dosen FE USM Bekali UMKM

Sabtu, 3 Desember 2022 | 11:42 WIB

Floria Juara 1 dalam Expo Hari Pangan di USM

Rabu, 30 November 2022 | 15:13 WIB
X