Dosen FDK UIN Walisongo Latih Warga Gunungpati Batik Tulis

- Kamis, 29 September 2022 | 21:32 WIB
Peserta Pelatihan Batik Tulis di Kelurahan Sumurrejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang menunjukkan hasil karya batik tulis masing-masing setelah proses pewarnaan. (SM/dok)
Peserta Pelatihan Batik Tulis di Kelurahan Sumurrejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang menunjukkan hasil karya batik tulis masing-masing setelah proses pewarnaan. (SM/dok)

SEMARANG,suaramerdeka.com - Dosen Program Studi Manajemen Dakwah (MD) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Walisongo Semarang melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan mengadakan pelatihan Batik Tulis.

Ketua Tim Karya Pengabdian Dosen, Ariana Suryorinni SE MMSI menjelaskan, kegiatan tersebut dalam rangka meningkatkan pemberdayaan perempuan di UMKM Kelurahan Sumurrejo, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang.

Menurut Ariana penting bagi perempuan untuk memiliki kemampuan dan keterampilan tambahan selain mengurus kegiatan domestik di rumah.

Baca Juga: Tingkatkan Penjualan Batik Lasem, Unika Kembangkan Metaverse

''Peran perempuan tidaklah semata-mata hanya urusan dapur, kasur, dan sumur, melainkan juga bisa meningkatkan aktualisasi diri melalui kegiatan pelatihan Batik Tulis,''

''Selain itu, melalui pelatihan Batik Tulis ini kita juga turut serta dalam nguri-nguri budaya Indonesia, khususnya dalam hal membatik,” kata Ariana.

Monika Suprihatin, narasumber sekaligus pelatih dalam kegiatan tersebut mengatakan, Batik menjadi kekayaan sekaligus ciri khas Indonesia.

''Kita sebagai perempuan juga perlu turut serta dalam menjaga budaya Indonesia, syukur-syukur bisa menularkan kegiatan ini ke anak maupun sanak saudara,” katanya.

Baca Juga: Srawung Semarangan, Melihat Sejarah Semarang dari Sisi Budaya dan Seni

Halaman:

Editor: Hendra Setiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

STIE AMA Salatiga Dijadikan Kampus Berbasis Wirausaha

Senin, 5 Desember 2022 | 22:41 WIB

Manfaatkan Kemasan Produk, Dosen FE USM Bekali UMKM

Sabtu, 3 Desember 2022 | 11:42 WIB
X