Teliti Mitigasi Kebencanaan di Alor NTT, Mahasiswi Unika Ini Juara 1 Kompetisi Karya Tulis Tingkat Nasional

- Kamis, 29 September 2022 | 14:43 WIB
Mahasiswi semester akhir Unika Soegijapranata, Velicha Elenagaretha Ami (Eko Fataip)
Mahasiswi semester akhir Unika Soegijapranata, Velicha Elenagaretha Ami (Eko Fataip)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Mahasiswi Unika Soegijapranata Semarang, Velicha Elenagaretha Ami meraih juara I kompetisi karya tulis tingkat nasional.

Mahasiswi semester akhir Prodi Arsitektur Unika tersebut meneliti tentang mitigasi kebencanaan dalam tata ruang di Kabupaten Alor, NTT, khususnya di desa adat atau Kampung Takpala.

Risetnya diawali pada kisaran Oktober-Desember 2021 lalu. Penelitian itu sekaligus bagian dari bahasan atau kajian skripsinya yang baru saja ia rampungkan.

Baca Juga: SIEGA Unika Soegijapranata Gandeng Suara Merdeka Network, Jalin Kerja Sama Publikasi dan Digitalisasi

"Lomba digelar daring, pembukaan Juni 2022 sebetulnya, tetapi saya baru tahu infonya sekitar Agustus, setelah skripsi," kata Velicha di kampus Unika, Kamis 29 September 2022.

Singkatnya, hasil dari kajian skripsi itu dia ringkas, dan dia sederhanakan untuk selanjutnya diikutkan dalam kompetisi karya tulis yang diikutinya.

"Kebetulan paper saya sudah jadi, lalu saya ringkas untuk kompetisi ini. Pada semester 7 saya melakukan kajian di lokasi selama tiga bulan di Kabupaten Alor, dan sehari di desa adat Kampung Takpala," ujarnya.

Baca Juga: Asyik! Tak Melulu Skripsi, Mahasiswa Unika Kini Diberi Beragam Pilihan Tugas Akhir

Mahasiswi asal Kota Singkawang, Kalimantan Barat ini pun lantas terpilih juara I dalam kompetisi yang diadakan oleh Yayasan Profesor Gunawan Tjahjono.

"Untuk kriteria penilaian di antaranya konsep atau format penulisan, kelengkapan data, hingga kompleksitas persoalan yang diangkat," sebutnya .

Halaman:

Editor: Eko Fataip

Tags

Artikel Terkait

Terkini

STIE AMA Salatiga Dijadikan Kampus Berbasis Wirausaha

Senin, 5 Desember 2022 | 22:41 WIB

Manfaatkan Kemasan Produk, Dosen FE USM Bekali UMKM

Sabtu, 3 Desember 2022 | 11:42 WIB
X