Dirjen Nakes Kemenkes Dorong Hilirisasi Hasil Penelitian Perguruan Tinggi

- Minggu, 2 Oktober 2022 | 15:00 WIB
Dirjen Nakes Kemenkes RI drg Arianti Anaya MKM (tengah) didampingi Direktur Polkesmar Dr Marsum BE SPd MHP dan CEO CV Bartech Utama Mandiri Hadi Pranoto ST MEng  menunjukkan nota kesepahaman yang sudah ditandatangani (suaramerdeka.com/Renny Martini)
Dirjen Nakes Kemenkes RI drg Arianti Anaya MKM (tengah) didampingi Direktur Polkesmar Dr Marsum BE SPd MHP dan CEO CV Bartech Utama Mandiri Hadi Pranoto ST MEng menunjukkan nota kesepahaman yang sudah ditandatangani (suaramerdeka.com/Renny Martini)

SEMARANG, suaramerdeka.com – Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan (Dirjen Nakes) Kemenkes RI drg Arianti Anaya MKM menegaskan, penelitian atau riset yang dilakukan oleh para dosen maupun mahasiswa hendaknya tidak terhenti hanya pada hasilnya saja.

Namun, perlu terus dilanjutkan hingga proses hilirisasi dan komersialisasi agar hasil penelitian tersebut bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

‘’Penelitian yang kami harapkan adalah yang dibutuhkan dan bermanfaat bagi masyarakat serta industri. Untuk itu, kami meminta para direktur poltekkes untuk menata dan menginventarisasi riset-riset yang sudah ada dan akan dilakukan serta upayakan untuk bekerja sama dengan industri dan buatlah terobosan untuk menghilirisasi hasil-hasil penelitian tersebut,’’ tegas Arianti.

Baca Juga: Bersyukurlah Empat Zodiak Ini, Dikepung Rezeki dan Cuan Sampai 'Terbenam', Salah Satunya Anda?

Dia mengatakan hal itu, di sela-sela penandatanganan MoU Hilirisasi Hasil Penelitian dan Pengembangan Science Tekno Park antara Polkesmar dan CV Bartech Utama Mandiri, di Hall Masjid Agung Jawa Tengah, baru-baru ini.

‘’Untuk itu, saya sangat mengapresiasi penandatanganan MoU Polkesmar dengan CV Bartech Utama Mandiri. Semoga bisa merangsang dan memacu semangat bagi peneliti-peneliti lainnya,’’ jelasnya.

Diakui Arianti, sejauh ini sudah ada dua poltekkes yang menjalin kerja sama dengan perusahaan skala nasional dalam hilirisasi hasil-hasil penelitian.

Baca Juga: Dibukakan Dewi Fortuna, Enam Zodiak Dihadang Rezeki dan Cuan, Jangan Terlalu Boros Lohh

Yakni Poltekkes Surabaya dan Poltekkes II di Jakarta dengan PT Indofarma.

“Poltekkes Semarang sudah pecah telur, kami tunggu kelanjutannya. Begitu pula dengan Poltekkes Palu sudah dipertemukan dengan pihak industri dan kami juga tunggu prosesnya,’’ tambahnya.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

STIE AMA Salatiga Dijadikan Kampus Berbasis Wirausaha

Senin, 5 Desember 2022 | 22:41 WIB

Manfaatkan Kemasan Produk, Dosen FE USM Bekali UMKM

Sabtu, 3 Desember 2022 | 11:42 WIB
X