Soal Berbasis AKM untuk Matematika Dinilai Mampu Tingkatkan Kualitas Pembelajaran

- Senin, 26 September 2022 | 20:40 WIB
Kegiatan oleh tim PKM UPGRIS di SMP N 2 Jekulo Kudus, baru-baru ini. (suaramerdeka.com/dok)
Kegiatan oleh tim PKM UPGRIS di SMP N 2 Jekulo Kudus, baru-baru ini. (suaramerdeka.com/dok)

suaramerdeka.com - Peningkatan kemampuan profesional guru diperlukan wadah agar para guru dapat berkomunikasi, berkonsultasi, saling berbagi informasi dan pengalaman sesama guru.

Salah satu diantaranya yaitu berkaitan dengan pengembangan soal-soal berbasis AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) untuk matematika sekolah siswa SMP di wilayah Kabupaten Kudus.

AKM meliputi asesmen literasi membaca dan numerasi pada AKM dapat ditinjau dari tiga komponen (aspek) yaitu konten, proses kognitif, serta konteks.

Baca Juga: Lulusan Disiapkan Hadapi Dunia Kerja, UPGRIS Lepas 1.134 Wisudawan

Dosen Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), Dr Widya Kusumaningsih MPd menilai, untuk memastikan AKM mengukur kompetensi yang diperlukan dalam kehidupan, juga sesuai dengan pengertian literasi membaca dan numerasi.

"Kemudian soal AKM mengukur meliputi konten, berbagai konteks dan pada beberapa tingkat proses kognitif serta pemanfaaan teknologi informasi," kata Widya yang juga ketua tim pengabdian kepada masyarakat (PKM) UPGRIS saat melaksanakan kegiatan di SMP N 2 Jekulo Kudus, beberapa waktu lalu.

Dalam kegiatan tersebut Widya dibantu oleh dua anggota lain, yaitu Lilik Ariyanto dan Supandi. Program pengabdian kepada masyarakat ini merupakan salah satu program dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Baca Juga: UPGRIS Kembali Catatkan Rekor MURI, Ini Karya yang Dihasilkan Mahasiswa

Program yang dilakukan oleh Widya dan timnya di Kabupaten Kudus bekerja sama dengan Musayawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMP Kabupaten Kudus.

Guru-guru yang terlibat terdiri dari perwakilan masing-masing sekolah dari 51 sekolah SMP. Tiap sekolah diwakili oleh 2 orang guru matematika.

Halaman:

Editor: Eko Fataip

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siswa SMKN 3 Salatiga Juara Lomba Tingkat ASEAN

Selasa, 15 November 2022 | 06:05 WIB
X