Pendampingan UMKM, Prodi Desain Interior ISI Surakarta Beri Materi Berbasis Media Sosial dan Marketplace

- Senin, 26 September 2022 | 09:24 WIB
Pengambilan video dan editing berbasis android oleh mentor Raihan Bagas Mahardika untuk pembuatan materi promosi dan penjualan menggunakan  Aplikasi Cap Cut. (suaramerdeka.com / dok ISI Surakarta)
Pengambilan video dan editing berbasis android oleh mentor Raihan Bagas Mahardika untuk pembuatan materi promosi dan penjualan menggunakan Aplikasi Cap Cut. (suaramerdeka.com / dok ISI Surakarta)

SOLO, suaramerdeka.com - Pandemi cukup berdampak bagi kalangan dunia usaha, tidak terkecuali pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Beberapa UMKM yang sebelumnya mengandalkan penjualan secara langsung mengalami penurunan penjualan secara drastis, bahkan menutup usahanya karena merugi.

Merespon hal tersebut program studi Desain Interior ISI Surakarta, Sabtu 24 September 2022, melakukan kegiatan pendampingan berupa pemberdayaan UMKM.

Baca Juga: Telaah Sabdo Primbon Jawa soal Keistimewaan Senin Kliwon, dari Watak, Jodoh dan Rezeki

Kegiatan pendampingan UMKM digelar di Laboratorium Animasi Lantai Satu Gedung Desain, Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Surakart.

Pelatihan ini diikuti 22 peserta, selain diikuti Mitra UMKM, juga diikuti pula beberapa mahasiswa yang memiliki usaha serta mahasiswa Program Pendampingan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) dan mahasiswa lolos MBKM Wirausaha Merdeka tahun 2022.

Guna memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan, pada kesempatan ini dilakukan pelatihan pembuatan materi yang berbasis sosial media dan marketplace.

Baca Juga: Dilaporkan Dikudeta, Intip Perjalanan Karir Politik Presiden Cina, Xi Jinping

Materi tersebut di antaranya adalah, pelatihan Desain tampilan visual menggunakan canva, editing video menggunakan cap-cut serta pembuatan akun instagram untuk promosi dan pengelolaan marketplace shopee.

Selain pelatihan juga dilakukan penyerahan bantuan berupa alat bantu produksi berupa mesin potong dengan kapasitas ukuran yang lebih besar dan lebih cepat dari alat yang dimiliki sebelumnya.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

USM Gelar Talk Show Bahas Keefektifan Pembatasan BBM

Jumat, 25 November 2022 | 16:37 WIB

Senat USM Studi Banding ke Senat UMY

Rabu, 23 November 2022 | 19:24 WIB
X