Guru Didorong Mampu Kelola Pembelajaran Berbasis Praktikum

- Sabtu, 24 September 2022 | 15:09 WIB
Tim PKM UPGRIS saat mengadakan kegiatan bersama MGMP Fisika Kabupaten Demak (suaramerdeka.com/dok)
Tim PKM UPGRIS saat mengadakan kegiatan bersama MGMP Fisika Kabupaten Demak (suaramerdeka.com/dok)

suaramerdeka.com - Para guru, khususnya guru IPA didorong memiliki kemampuan dalam merancang kegiatan laboratorium. Pasalnya, hal ini akan berpengaruh positif terhadap frekuensi penggunaan laboratorium.

Dosen Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), Dr Nur Khoiri menilai, penyiapan calon guru yang terampil merancang kegiatan laboratorium sangat strategis untuk menyiapkan guru yang mampu mengelola pembelajaran melalui kegiatan praktikum.

"Untuk menghasilkan profil guru yang memiliki keterampilan merancang kegiatan laboratorium, perlu dipikirkan pengembangan mata kuliah yang relevan dengan keterampilan merancang. Salah satu mata kuliah tersebut adalah laboratorium fisika pendidikan," kata Khoiri yang juga sebagai ketua tim kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) UPGRIS.

Baca Juga: Lulusan Disiapkan Hadapi Dunia Kerja, UPGRIS Lepas 1.134 Wisudawan

Menurutnya, saat ini pendidik berhadapan dengan tantangan untuk menyiapkan sebuah generasi dengan pekerjaan yang belum diketahui jenisnya.

Sisi lain, pembelajaran sains membantu mengembangkan pemahaman peserta didik tentang pengetahuan ilmiah, metode, serta manfaat untuk masa depannya.

Kegiatan ini mengangkat judul "Penguatan Keterampilan Abad 21 Melalui Perancangan Alat Peraga Pembelajaran Fisika Berorientasi Merancang Kegiatan Laboratorium-Keterampilan Generik Sains (MKL-KGS)"

Baca Juga: UPGRIS Kembali Catatkan Rekor MURI, Ini Karya yang Dihasilkan Mahasiswa

Pada kegiatan ini juga melibatkan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Fisika Kabupaten Demak. Adapun tim PKM ini juga beranggotakan Dr Affandi Faisal Kurniawan MSc dan Dr Sigit Ristanto MSc.

Pelaksanaan kegiatan ini akan dilaksanakan selama enam bulan dan mendapat pendanaan dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Masyarakat (DRTPM) Kemendikbudristek.

Halaman:

Editor: Eko Fataip

Tags

Artikel Terkait

Terkini

USM Gelar Talk Show Bahas Keefektifan Pembatasan BBM

Jumat, 25 November 2022 | 16:37 WIB

Senat USM Studi Banding ke Senat UMY

Rabu, 23 November 2022 | 19:24 WIB
X