Percepat Masa Studi, Mahasiswa Kini Diberi Pilihan Tugas Akhir

- Jumat, 23 September 2022 | 10:45 WIB
ilustrasi tugas akhir, sumber foto pixabay.
ilustrasi tugas akhir, sumber foto pixabay.

SEMARANG, suaramerdeka.com - Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) fokus pada upaya percepatan masa studi mahasiswa.

Rektor UPGRIS, Dr Sri Suciati mengatakan, penyusunan skripsi kini tak lagi sebagai satu-satunya syarat untuk menyelesaikan studi mahasiswa.

Mahasiswa diberikan beragam pilihan atau alternatif dalam merampungkan tugas akhir. Selain penulisan skripsi, mereka dibolehkan untuk membuat artikel ilmiah.

Baca Juga: UPGRIS Kembali Catatkan Rekor MURI, Ini Karya yang Dihasilkan Mahasiswa

"Artikel ini wajib terpublikasi di jurnal terindeks nasional baik itu Sinta maupun Scopus. Ini bagian dari dorongan kami kepada mahasiswa untuk mempercepat masa studi mereka," kata Suciati, Kamis (22/9).

Kebijakan tersebut sudah dimulai beberapa tahun belakangan, tepatnya ketika awal masa pandemi. Pilihan tugas akhir ini sekaligus menjawab kendala yang biasa dialami mahasiswa tingkat akhir.

"Kami juga masih mempertimbangkan pilihan tugas akhir lainnya, seperti membuat project. Akan tetapi ini masih sebatas wacana atau belum resmi kami jalankan," ujarnya.

Baca Juga: UPGRIS Larang Praktik Perpeloncoan saat Ospek! Ini Kegiatan yang Dilakukan Mahasiswa Baru

Pada sisi lain, pendekatan internal juga dilakukan terhadap para dosen, agar memberikan layanan yang maksimal dalam proses penyusunan skripsi oleh mahasiswa.

Rektor juga menyatakan, percepatan masa studi mahasiswa juga dilakukan dengan membuat beberapa program. Program ini diakuinya mengadopsi program yang telah diinisiasi pemerintah.

Halaman:

Editor: Eko Fataip

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Manfaatkan Kemasan Produk, Dosen FE USM Bekali UMKM

Sabtu, 3 Desember 2022 | 11:42 WIB

Floria Juara 1 dalam Expo Hari Pangan di USM

Rabu, 30 November 2022 | 15:13 WIB
X