Kurikulum Merdeka Belajar, Perkembangan dan Pencapaian Peserta Didik Jadi Pertimbangan

- Kamis, 22 September 2022 | 18:09 WIB
Ketua Prodi Pendidikan IPS Pascasarjana Unnes, Hamdan Tri Atmaja memberikan paparan kepada para guru atau yang tergabung dalam MGMP IPS Kota Semarang di SMP Negeri 9 Semarang, Kamis 22 September 2022. (Eko Fataip)
Ketua Prodi Pendidikan IPS Pascasarjana Unnes, Hamdan Tri Atmaja memberikan paparan kepada para guru atau yang tergabung dalam MGMP IPS Kota Semarang di SMP Negeri 9 Semarang, Kamis 22 September 2022. (Eko Fataip)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Prinsip pembelajaran pada era kurikulum Merdeka Belajar dirancang dengan mempertimbangkan tahap perkembangan dan pencapaian peserta didik.

Ketua Prodi Pendidikan IPS Pascasarjana Universitas Negeri Semarang (Unnes), Hamdan Tri Atmaja menilai, kurikulum baru ini menuntut pendidik merancang alur tujuan pembelajaran sesuai dengan tahap perkembangan peserta didik.

"Pendidik sekaligus merancang pembelajaran yang menyenangkan dan mendorong peserta didik untuk refleksi diri serta memberikan umpan balik kepada mereka," kata Hamdan saat memberikan pemaparan pada kegiatan pengabdian yang dilaksanakan di SMP Negeri 9 Semarang, Kamis 22 September 2022.

Baca Juga: Implementasikan Konsep Merdeka Belajar, DCS Siap Cetak Atlet dan Musisi Profesional

Bentuk umpan balik yang dimaksud salah satunya dengan menggunakan pertanyaan terbuka kepada peserta didik, dan memotivasi mereka untuk berpartisipasi secara aktif.

"Bentuk lainnya dengan cara memberikan tugas mandiri, membuka ruang kreativitas kepada peserta didik hingga merancang tugas dengan tingkat kesulitan yang tepat," ujarnya.

Sisi lain, pendidikan yang digunakan juga perlu menggunakan berbagai metode atau konsep berbasis project. Kemudian memberikan keteladanan bagi peserta didik.

Baca Juga: Ikuti Program Magang Merdeka Belajar, Mahasiswa TI Unissula Bagikan Pengalaman

Pemaparan yang disampaikan tim pengabdian Unnes bagian dari upaya sinkronisasi terkait implementasi kurikulum Merdeka Belajar kepada para guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS Kota Semarang.

"Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kami kepada guru mitra atau MGMP IPS Kota Semarang," sebutnya.

Halaman:

Editor: Eko Fataip

Tags

Artikel Terkait

Terkini

USM Gelar Talk Show Bahas Keefektifan Pembatasan BBM

Jumat, 25 November 2022 | 16:37 WIB
X