Asyik! Tak Melulu Skripsi, Mahasiswa Unika Kini Diberi Beragam Pilihan Tugas Akhir

- Sabtu, 17 September 2022 | 14:06 WIB
Rektor Unika Soegijpranata, Dr Ferdinandus Hindiarto didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr Berta Bekti Retnawati disela-sela pelaksanaan wisuda di kampus tersebut, Sabtu 17 September 2022. (Eko Fataip)
Rektor Unika Soegijpranata, Dr Ferdinandus Hindiarto didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr Berta Bekti Retnawati disela-sela pelaksanaan wisuda di kampus tersebut, Sabtu 17 September 2022. (Eko Fataip)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Mahasiswa S1 Unika Soegijapranata kini tak lagi dibebani penyusunan skripsi sebagai bagian dari syarat untuk menyelesaikan studi.

Rektor Unika Soegijpranata, Dr Ferdinandus Hindiarto mengatakan, perguruan tinggi ini memberikan beragam pilihan atau alternatif untuk menyelesaikan tugas akhir.

Menurutnya, setiap mahasiswa pada dasarnya memiliki talenta yang berbeda. Kebijakan tersebut sesuai dengan arahan Mendikbudristek terkait implementasi Merdeka Belajar.

Baca Juga: Keren! Mahasiswa Unika Ini Raih Medali Perunggu Kompetisi Pencak Silat Tingkat Nasional

"Kebijakan ragam tugas akhir ini, baru kami mulai tahun ini. Respon mahasiswa pun positif, sebab talenta maupun bakat yang dimiliki setiap individu tidaklah sama," kata rektor usai melepas wisudawan mahasiswa Unika di kampus tersebut, Sabtu 17 September 2022.

Selain penyusunan skripsi, beberapa pilihan tugas akhir yang bisa dipilih mahasiswa di antaranya atikel ilmiah, publikasi, prosiding, magang hingga membuat project.

Pilihan tugas akhir tersebut disesuaikan dengan bidang atau rumpun keilmuan mahasiswa bersangkutan. "Ini sekaligus untuk memotivasi mahasiswa yang kini sedang dalam proses tugas akhir," ujarnya.

Baca Juga: Tahun Akademik Baru, Ini Konsep Pembelajaran yang Diusung Unika Soegijapranata

Meski tidak dalam bentuk skripsi, mahasiswa tetap diwajibkan untuk melaporkan, berkonsultasi dan meminta arahan dari dosen pembimbing layaknya penyusunan skripsi.

"Mahasiswa tetap wajib secara rutin melaporkan perkembangannya. Ini agar tugas akhir yang dikerjakan tetap terukur," sebutnya.

Halaman:

Editor: Eko Fataip

Tags

Artikel Terkait

Terkini

STIE AMA Salatiga Dijadikan Kampus Berbasis Wirausaha

Senin, 5 Desember 2022 | 22:41 WIB

Manfaatkan Kemasan Produk, Dosen FE USM Bekali UMKM

Sabtu, 3 Desember 2022 | 11:42 WIB
X