Perlu Kolaborasi Kampus, Praktisi dan Industri, Fasilitasi Mahasiswa Belajar

- Selasa, 27 Juli 2021 | 17:44 WIB
Mahasiswa USM beri pelatihan kaligrafi dari pelepah pisang (suaramerdeka.com/dok)
Mahasiswa USM beri pelatihan kaligrafi dari pelepah pisang (suaramerdeka.com/dok)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Presiden Joko Widodo mengatakan perguruan tinggi harus dapat memfasilitasi para mahasiswa untuk belajar dari para praktisi serta pelaku industri.

Ini perlu untuk menghasilkan lulusan dengan kemampuan yang relevan dengan kebutuhan di setiap zaman dan menghadapi berbagai disrupsi yang terjadi.

''Dunia perguruan tinggi sangat membutuhkan kolaborasi dengan para praktisi dan pelaku industri, sebaliknya pelaku industri membutuhkan talenta dan inovasi dari perguruan tinggi,'' ujar Presiden Jokowi dalam Konferensi Forum Rektor Indonesia yang diselenggarakan secara daring, kemarin.

Ia juga memaparkan bahwa pandemi Covid-19 menambah disrupsi yang sebelumnya telah dipicu oleh Revolusi Industri 4.0. Revolusi ini mengubah lanskap sosial budaya, ekonomi, serta politik, dan memunculkan pergeseran dalam berbagai aspek kehidupan termasuk dunia pendidikan.

Baca Juga: Anak Terinfeksi Covid-19, Jangan Panik! Dokter Aman Rekomendasikan Ini

Di tengah kemunculan edutech, lembaga perguruan tinggi harus memperkuat posisinya sebagai institusi pendidikan dengan penggunaan teknologi digital.

Menurutnya kampus bukan hanya untuk memfasilitasi pengajaran dosen internal kepada mahasiswa. Yang juga lebih penting, memfasilitasi mahasiswa untuk belajar pada siapa pun, di mana pun, dan tentang apa pun.

Karena itu kurikulum harus memberi bobot SKS yang lebih besar bagi mahasiswa untuk belajar dari praktisi industri serta meningkatkan keterpaparan mahasiswa dan dosen kepada industri dan teknologi masa depan.

Beri Kesempatan

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Himmatisi USM Gelar Workshop Bangun Bisnis Berbasis IT

Minggu, 19 September 2021 | 16:05 WIB

Dapat Bantuan Dana Abadi, UGM Beri Beasiswa Mahasiswa

Sabtu, 18 September 2021 | 13:52 WIB
X