Kampus Dituntut Cetak Lulusan Berkualitas, Kurikulum Merdeka Belajar Jawabannya

- Senin, 26 Juli 2021 | 20:50 WIB
Dekan FE Unwahas, Hasan, dan narasumber hadir dalam grup diskusi virtual membahas program merdeka belajar kampus merdeka, kemarin. (Suaramerdeka.com/ Hari Santoso)
Dekan FE Unwahas, Hasan, dan narasumber hadir dalam grup diskusi virtual membahas program merdeka belajar kampus merdeka, kemarin. (Suaramerdeka.com/ Hari Santoso)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Perguruan tinggi dituntut mampu mencetak lulusan cakap dan berkualitas dari waktu ke waktu.

Mereka ini yang nantinya akan terjun secara profesional memenuhi kebutuhan pasar kerja maupun dunia industri di Tanah Air.

“Sebagai jawaban mencetak lulusan kampus yang ideal dalam arti berkualitas dan cakap maka kini digulirkan kebijakan baru. Kebijakan itu berupa program merdeka belajar yang mencakup program kampus merdeka atau seutuhnya adalah merdeka belajar kampus merdeka (MKBM),” tutur Wakil Rektor Universitas Wahid Hasyim Semarang (Unwahas) Dr Andi Purwono.

Dia berbicara dalam forum grup diskusi terarah yang diinisiasi Fakultas Ekonomi Unwahas dengan menghadirkan narasumber dan undangan dari kampus mitra seperti Unnes, Unissula, UPGRIS dan lainnya.

Baca Juga: Usai Vaksin Muncul Gejala COVID-19, Eijkman: Itu Masa Inkubasi Virus

Hadir Dekan FE, Dr Hasan, serta pemateri yaitu Kepala Prodi Manajemen Unissula, Dr Ardian Adhiatma, Staff Ahli Wakil Rektor Bidang Kerja Sama Unnes, Lulu A Farida, Kepala Prodi Tehnik Mesin Unwahas, Muhammad Dzulfikar, serta Wakil Dekan 1 FE Unwahas Yulekhah Ariyanti.

Adapun Andi Purwono selain sebagai wakil rektor turut menjadi narasumber dalam kegiatan bertema "Digital Based Enterpreneurship Berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka" ini.

Dia menjelaskan butuh dipersiapkan lulusan kampus secara ideal dewasa ini. Mencakup pembentukan karakter dan keahlian penunjang bagi mahasiswa atau biasa disebut soft skill. Kehadiran program merdeka belajar dinilai sejalan keinginan membentuk kecakapan lulusan.

Melalui model ini juga mahasiswa bisa merasakan pertukaran studi, magang kerja, dan mencicipi kuliah di luar program studi yang ditempuh. Wakil rektor juga menerangkan telah dibuat sejumlah peraturan rektor mendukung implementasi MKBM di Unwahas.

Baca Juga: The Minnion Incar Emas di Olimpiade Tokyo 2020

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Menag Tinjau Pembangunan Ma’had II UIN Walisongo

Senin, 27 September 2021 | 19:47 WIB

USM Berikan Beasiswa 56 Atlet

Sabtu, 25 September 2021 | 16:57 WIB
X