Publikasi Kampus Butuh Ditopang Jurnal Ilmiah Bereputasi

- Minggu, 25 Juli 2021 | 21:48 WIB
Ketua STIE Totalwin, Sugiharti, menggelar pertemuan terbatas bersama wakil ketua di Kampus Gedongsongo Manyaran kemarin. ( Suaramerdeka.com/ Hari Santoso )
Ketua STIE Totalwin, Sugiharti, menggelar pertemuan terbatas bersama wakil ketua di Kampus Gedongsongo Manyaran kemarin. ( Suaramerdeka.com/ Hari Santoso )

SEMARANG, Suaramerdeka.com - Jurnal ilmiah menjadi elemen penting dan menyatu dengan aktivitas akademi masyarakat kampus. Peran penting jurnal juga sebagai wahana mempublikasikan hasil riset maupun pemikiran dosen dan mahasiswa.

Publikasi kampus sepenuhnya ditopang keberadaan jurnal ilmiah yang bereputasi hebat.

“Berbicara kehidupan akademi masyarakat perguruan tinggi tidak akan terpisahkan dari keberadaan jurnal ilmiah. Melalui jurnal pula akan mudah disebarluaskan hasil penelitian yang memiliki nilai manfaat tinggi untuk publik maupun kemajuan ilmu pengetahuan,” ’’tutur Ketua STIE Totalwin, Dra Sugiharti MM, kemarin.

Baca Juga: Hendi Tambah Tim Vaksinasi Keliling di Kota Semarang

Selain jurnal yang dikelola mandiri oleh lembaga independen, banyak pula yang dimiliki secara otonom oleh kampus. Sugiharti menyinggung persoalan ini karena kampus itu telah memiliki jurnal ilmiah bereputasi.

Wahana publikasi ilmiah yang dinamai Jurnal Ilmu Manajemen Akuntansi Terapan (JIMAT) tersebut terbukti menjadi sarana jitu diseminasi ilmu dan pengetahuan.

Pengelolaan jurnal turut dilakukan secara profesional melibatkan mitra bestari, atau penelaah jurnal yang bukan merupakan anggota dewan redaksi.

Selebihnya seleksi artikel yang diterima dewan redaksi pengelola jurnal dibuat ketat untuk mendapatkan makalah dengan kualitas berbobot.

Baca Juga: 17 Mahasiswa UPB Kebumen Lolos Seleksi Program Kampus Mengajar Kemdikbud Ristek

Hal ini juga muaranya untuk mendukung kemajuan ilmu, pengetahuan, serta teknologi.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Menag Tinjau Pembangunan Ma’had II UIN Walisongo

Senin, 27 September 2021 | 19:47 WIB

USM Berikan Beasiswa 56 Atlet

Sabtu, 25 September 2021 | 16:57 WIB
X