Kemendikbudristek Terbitkan Perubahan Mekanisme Masuk PTN, Hasilkan Proses Seleksi yang Lebih Baik

- Selasa, 13 September 2022 | 16:55 WIB
tangkapan layar Youtube IndonesiaBaikID.
tangkapan layar Youtube IndonesiaBaikID.

JAKARTA, suaramerdeka.com - Perubahan kebijakan proses penerimaan mahasiswa baru harus menghasilkan hasil seleksi yang lebih baik.

Dituntut profesionalisme yang tinggi dalam pelaksanaan seleksi masuk mahasiswa baru, lewat proses yang akuntabel dan transparan.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menerbitkan Keputusan Nomor 346/P/2022 tentang Tim Persiapan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru pada Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2023 yang diberi tugas untuk melakukan persiapan dan penyusunan bahan pelaksanaan seleksi tahun 2023.

Baca Juga: Dipanggil Putri Candrawathi Usai Bersitegang dengan Kuat Maruf, Terungkap Ini Jawaban Brigadir J

Namun, proses pelaksanaan seleksinya berdasarkan Pasal 20 Permendikbudristek Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Sarjana pada PTN tertanggal 1 September 2022 itu mengamanatkan, seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru diselenggarakan oleh Kemendikbudristek bekerja sama dengan perguruan tinggi negeri (PTN).

Dengan aturan itu, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTM PT) tidak lagi menjadi penyelenggara seleksi penerimaan mahasiswa baru PTN mulai tahun 2023.

Hal itu menurut Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat perubahan aturan seleksi masuk PTN itu harus diiringi dengan kesiapan para pelaksananya.

Baca Juga: Lihat Kuat Maruf Ancam Brigadir J Pakai Pisau, Ini Reaksi Bripka RR Diungkapkan Kuasa Hukum

"Beralihnya kewenangan seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi harus diikuti profesionalitas dari para birokrat yang melaksanakannya," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Senin, 12 September 2022.

Lestari berharap perubahan kebijakan itu mampu terus menyempurnakan proses seleksi penerimaan mahasiswa baru secara nasional agar lebih adil, efektif, efesien, transparan dan akuntabel.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

STIE AMA Salatiga Dijadikan Kampus Berbasis Wirausaha

Senin, 5 Desember 2022 | 22:41 WIB

Manfaatkan Kemasan Produk, Dosen FE USM Bekali UMKM

Sabtu, 3 Desember 2022 | 11:42 WIB
X