Cegah Pernikahan Dini, Tim Pengabdian kepada Masyarakat Gelar Konseling Remaja

- Rabu, 7 September 2022 | 07:57 WIB
Tim pengabdian kepada masyarakat Universitas Negeri Semarang gelar bimbingan konseling remaja di sekolah mencegah pernikahan dini. (suaramerdeka.com/Muh Khabib Zamzami)
Tim pengabdian kepada masyarakat Universitas Negeri Semarang gelar bimbingan konseling remaja di sekolah mencegah pernikahan dini. (suaramerdeka.com/Muh Khabib Zamzami)

GROBOGAN, suaramerdeka.com - Pencegahan terjadinya pernikahan dini di Kabupaten terus diupayakan.

Salah satunya dengan menggelar konseling remaja di sekolah-sekolah yang dilakukan Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Semarang.

Ketua Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Semarang, Muhammad Azinar mengungkapkan Kabupaten Grobogan adalah wilayah di Jawa Tengah yang selalu menempati peringkat 5 besar kabupaten dengan kasus perempuan menikah usia dini (kurang dari 19 tahun) terbanyak.

Baca Juga: Bersyukurlah 8 Zodiak Ini, Dikencani Rezeki, Semua Bisnis dan Pekerjaan Lancar

Di wilayah ini juga ia klaim selalu menempati peringkat 3 besar kasus perempuan hamil pertama pada usia dini (kurang dari 21 tahun) terbanyak di Jawa Tengah.

"Prevalensi perkawinan dan kehamilan perempuan usia dini di kabupaten Grobogan dalam 3 tahun terakhir juga selalu lebih tinggi dari prevalensi nasional maupun provinsi," tuturnya, Selasa, 6 September 2022.

Dijelaskan, prevalensi perkawinan perempuan usia dini di kabupaten Grobogan pada tahun 2018 adalah mencapai 59,88 persen, tahun 2019 menjadi 51,24 persen dan 2020 meningkat menjadi 52,81 persen.

Baca Juga: Lha Ini Baru Enak, 5 Zodiak Bakal Kerasukan Rezeki dan Cuan, Akan Ada Sepeda Motor Listrik di Garasi Rumah

Angka ini, menurutnya, jauh lebih tinggi dari angka provinsi Jawa Tengah, yaitu 37,67 persen.

Demikian juga dengan prevalensi kehamilan perempuan usia dini (kurang dari 21 tahun) di kabupaten Grobogan juga sangat tinggi.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Floria Juara 1 dalam Expo Hari Pangan di USM

Rabu, 30 November 2022 | 15:13 WIB

USM Gelar Talk Show Bahas Keefektifan Pembatasan BBM

Jumat, 25 November 2022 | 16:37 WIB
X