Kuota Seleksi ASN Dialokasikan untuk Guru, Jenjang SMA/SMK Negeri Masih Kekurangan

- Jumat, 23 Juli 2021 | 07:45 WIB
Kegiatan guru mengajar. (suaramerdeka.com / dok)
Kegiatan guru mengajar. (suaramerdeka.com / dok)

PURWOKERTO, suaramerdeka.com – Dalam seleksi ASN tahun ini pemerintah mengalokasikan kuota untuk guru.

Pasalnya, pada jenjang SMA/SMK negeri, saat ini dinilai masih kekurangan guru. Bahkan di Jawa Tengah, jumlah kekurangan diperkirakan mencapai sekitar 13 ribu orang.

Kasi SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jateng, Maryanto mengatakan, kekurangan guru SMA/SMK saat ini masih cukup banyak. Apalagi setiap bulan selalu ada guru yang memasuki masa pensiun.

''Khusus untuk Kabupaten Banyumas kami belum tahu jumlah kekurangannya.  Namun kalau untuk se-Jateng, informasi yang kami peroleh masih kekurangan sekitar 13 ribu orang guru,'' terang dia.

Baca Juga: RS Roemani Serahkan Lima Ekor Sapi untuk Program Qurban Rendangmu

Untuk mengatasi kekurangan itu, lanjut dia, kuota formasi guru dialokasikan 10 ribu untuk seluruh kabupaten/kota di Jateng.

''Di Jateng kuota penerimaan ASN untuk formasi guru kurang lebih 10 ribu orang,. 'Kami belum tahu rinciannya, sebab kuota itu dibagi per mapel (mata pelajaran) dan per sekolah,'' ujarnya.

Dia menjelaskan, kuota seleksi ASN guru di Provinsi Jateng pada tahun ini untuk kategori PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja).

''Kami tidak tahu kenapa formasi guru semuanya PPPK, sebab itu kewenangan pemerintah pusat.  Kami yang di daerah hanya melaksanakan dan memberikan data sesuai kebutuhan,'' tandasnya.

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Teknologi Tak Bisa Gantikan Peran Pendidik

Kamis, 23 September 2021 | 22:12 WIB

Siswa Tidak Sehat, Diminta Tidak Usah Ikut PTM

Kamis, 23 September 2021 | 18:44 WIB
X