Cetak Talenta Digital, Kominfo Rancang Institut Digital Nasional University

- Kamis, 22 Juli 2021 | 20:04 WIB
Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kominfo)./Dok. Kominfo
Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kominfo)./Dok. Kominfo

JAKARTA, suaramerdeka.com - Sekolah Tinggi Multimedia (STMM) Yogyakarta sedang dirancang untuk menjadi Institut Digital Nasional University (IDN-U) untuk mencetak talenta digital Indonesia.

Hal itu berdasarkan usulan Menkominfo Johnny G. Plate yang telah disetujui Presiden Joko Widodo.

Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) merancang pengembangan Dedy Permadi menyatakan, IDN-U merupakan program yang bertujuan untuk mendidik talenta digital Indonesia pada jenjang yang lebih tinggi.

Menurutnya, kehadiran IDN-U merupakan angin segar bagi sektor pendidikan di Indonesia.

Baca Juga: PPKM Darurat, Ribuan Pelanggaran Prokes Tetap Terjadi

“Berita baik untuk Indonesia adalah kita akan segera menyambut Institut Digital Nasional University, universitas ini akan segera diluncurkan pada Tahun 2022 kuartal pertama nanti akan mulai dibuka programnya,” ujarnya dalam Konferensi Pers Virtual Pertahankan Produktivitas Masyarakat di masa Pandemi, Menkominfo Terus Genjot Program SDM bidang Digital Jangkau Jutaan Peserta, dari Jakarta, Kamis 22 Juli 2021.

Jubir Kementerian Kominfo mengatakan, IDN-U tidak hanya dibuka di Yogyakarta, tetapi juga di beberapa kota lainnya, antara lain Jakarta, Medan, Bandung, Surabaya, Banjarmasin, Makassar, dan Manado.

“Ini tentu sebuah angin segar di mana kita memiliki optimisme yang luar biasa, karena tidak hanya pelatihan yang sifatnya non formal, tetapi kita juga mendorong pendidikan formal untuk memperkenalkan talenta atau kecapakan digital,” terangnya.

IDN-U akan memiliki 4 sekolah dengan dipimpin 4 dekan, yaitu Sekolah Komunikasi Digital, Sekolah Bisnis dan Platform Digital, Sekolah Pasca Sarjana Kominfo, dan Sekolah Kebijakan dan Regulasi Digital.

Baca Juga: Penggunaan Narkoba di Tengah Pandemi Meningkat, BNN: Dibutuhkan Perlawanan yang Sistematis

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Sumber: Kominfo

Tags

Terkini

Kampus Jadi Wahana Tanamkan Nilai-nilai Sosial

Rabu, 21 Juli 2021 | 18:58 WIB
X