Ikuti Kompetisi Daring, Mahasiswa UNY Raih Silver Medal

- Selasa, 20 Juli 2021 | 17:22 WIB
Mahasiswa UNY peraih medali perak kompetisi internasional.(Foto: ist)
Mahasiswa UNY peraih medali perak kompetisi internasional.(Foto: ist)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Kolaborasi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta berhasil meraih Silver Medal pada ajang World Science, Environment and Engineering Competition (WSEEC) 2021.

Mereka, Rima Nurkhadijah Mamonto (Kimia), Adlan Nufahaidar (Teknik Elektro), Shofia Dewi Fortuna (Kimia), Rema Wafiqoh Ulya (PGSD), dan Lutfiana Wahyu Savitri (Managemen Pendidikan). Kelimanya mengikuti kompetisi yang berlangsung secara daring.

Kegiatan WSEEC merupakan kompetisi tingkat internasional yang diselenggarakan oleh Internasional Young Scientist Association (IYSA). Lomba diikuti elementary, secondary, university dari seluruh dunia.

Baca Juga: Sempat Muncul Wacana Shalat Id Virtual, MUI: Tidak Sah

Pendaftaran lomba dibuka dari tanggal 19 Maret 2021 dan berakhir dengan penutupan pada tanggal 20 Juni 2021.

Penutupan berakhir dengan pengumuman yang dilakukan menggunakan platform zoom dan YouTube. Terdapat beberapa berkas yang harus dikumpulkan yaitu naskah dan poster berukuran A0.

''Peserta lomba sebanyak 288 tim dari 21 negara di seluruh dunia. Pada kesempatan tersebut, kami membuat konsep SPUGAMES: A Learning Media Innovation of the Periodic Element System Through Interactive Games Based on Joyful and Meaningful Learning for Senior High School Students,'' papar Rima mewakili teman-temannya.

Baca Juga: Insyaallah Sautan Suara Takbir Buka Pintu Langit, Semoga Bangsa Ini Terbebas Pandemi Corona

Ia menjelaskan SPUGAMES merupakan media pembelajaran sistem periodik. Unsur yang dikembangkan berbasis game atau permainan interaktif dan dikemas dengan desain yang menarik.

Permainan ini bisa meningkatkan motivasi belajar siswa. Mereka lebih mudah belajar dan memahami materi yang diajarkan sehingga dapat meningkatkan keefektifan proses pembelajaran jarak jauh atau daring.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Menag Tinjau Pembangunan Ma’had II UIN Walisongo

Senin, 27 September 2021 | 19:47 WIB

USM Berikan Beasiswa 56 Atlet

Sabtu, 25 September 2021 | 16:57 WIB
X