UIN Jakarta Masuk Top 15 Final Capstone Project Program Bangkit

- Senin, 19 Juli 2021 | 21:14 WIB

JAKARTA, suaramerdeka.com - Dua tim dari Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Jakarta berhasil masuk dalam Top 15 Final Capstone Project pada Program Bangkit, Kemendikbudristek. Hal ini disampaikan Mendikbudristek Nadiem Makarim, dalam Acara Kelulusan Bangkit 2021 yang digelar secara virtual, Kamis (15/7/2021).

Dua tim dari FST UIN Jakarta tepilih diantara Top 15 Final Capstone Project tersebut yaitu Baca dan Kaki Keenam. Masing-masing tim berhak mendapatkan dana 50,000 US Dollar (atau sekitar Rp70,000,000) serta peluang mendapatkan tambahan dana hibah menjadi 10,000 US Dollar.

Bangkit merupakan program pengembangan kompetensi mahasiswa untuk berkarir di dunia teknologi yang didesain melalui kemitraan Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Google, Gojek, Tokopedia, Traveloka, dan mitra perguruan tinggi. Program ini ditawarkan melalui Kampus Merdeka.

Baca Juga: Permintaan Hewan Kurban Turun Sampai 40 Persen, PPSKI: Calon Pembeli Batalkan Pesanan Terkendala PPKM Darurat

Mendikbudristek Nadiem Makarim menyampaikan Program Bangkit diikuti sekitar 3.000 mahasiswa. Pada akhir program, terdapat 2.250 peserta yang lulus dari 250 perguruan tinggi. Terpilih Top 50 Capstone terbaik dari 483 tim yang kemudian disaring lagi menjadi Top 15.

Aplikasi Baca dikembangkan oleh dua mahasiswa Teknologi Informatika (TIF) FST UIN Jakarta Bayu Aji Setyawan dan Faishal Rayyan, bersama dengan satu tim dari perguruan tinggi lainnya.

Aplikasi yang merupakan bagian tema Education and Research ini merupakan platform pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi di Indonesia.

Aplikasi ini dirancang sebagai game dengan teknologi deep learning agar pengguna mendapatkan pengamalaman yang menyenangkan selama menggunakan aplikasi.

Sementara, Kaki Keenam yang merupakan bagian dari Tema Economic Resilience dikembangkan oleh dua mahasiwa UIN Muhamad Dio Damiyati (TIF) dan Vahiya Prananta (SIF) bersama dengan mahasiswa dari Universitas Mataram dan Institut Teknologi Bandung.

Kaki keenam merupakan platform digital yang dapat membantu mempertemukan pedagang keliling dengan pembelinya, melalui sistem peta dan notifikasi yang membuat membeli makanan keliling semudah memencet tombol pesan.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Menag Tinjau Pembangunan Ma’had II UIN Walisongo

Senin, 27 September 2021 | 19:47 WIB

USM Berikan Beasiswa 56 Atlet

Sabtu, 25 September 2021 | 16:57 WIB
X