Borong Juara 1,2 dan 3; Mahasiswa UIN KHAS Jember Juara Seminar Nasional Bahasa Arab

- Senin, 19 Juli 2021 | 20:10 WIB
kemenag/dok
kemenag/dok

SEMARANG, suaramerdeka.com - Mahasiswa Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember mendominasi lomba Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa (Semnasbama) Tingkat Nasional ke-V di Universitas Negeri Malang (UM). UIN KHAS Jember menempatkan mahasiswanya sebagai juara 1, 2, dan 3 sekaligus.

Mereka adalah Fathoni Arifandi sebagai Juara 1, Faris Maturedy sebagai Juara 2, dan Ahmad Yasir Amrullah sebagai Juara 3 yang mengambil perlombaan katagori S2.

Semnasbama merupakan lomba menulis artikel berbahasa Arab bagi mahasiswa Prodi Bahasa Arab. Para peserta juga harus mempresentasikan dalam bentuk video dan dinilai Dewan Juri. Dari keseluruhan peserta di ambil 6 orang untuk presentasi melalui video dan ditetapkan kejuaraannya.

Baca Juga: Terpilih sebagai Incoming Chair ICSB Global, Hermawan Kartajaya Jadi Orang Indonesia Pertama yang Pimpin Organ

Semnasbama ke V diikuti 50-an perguruan tinggi di Indonesia dan satu di antaranya dari Maroko. Untuk kelas strata satu (S1) diikuti oleh kurang lebih 30 perguruan tinggi dan S2, 20 perguruan tinggi.

Kajian Fathoni Arifandi mengangkat tema: “Dialek Madura pada Tindak Tutur Mahasiswa di Jember”. Faris Maturedy, membahas judul: “Pengembangan Perpustakaan Digital Khusus Rujukan Berbahasa Arab”. Sedangkan Ahmad Yasir Amrullah megambil topik “Penerapan Metode Kitabhahku untuk Pengembangan Penulisan Bahasa Arab”.

Baca Juga: Wakil Ketua MPR : PPKM Darurat Bukan untuk Diperdebatkan

Fathoni Arifandi bersyukur UIN KHAS Jember mendapat juara 1, 2, dan 3 setelah diuji secara ketat oleh dua pakar Bahasa Arab dari UM, yaitu Dr. Mohammad Alfan dan Dr. Lukman Hakim. Pengumuman lomba diterima Fathoni pada Sabtu (17/7/2021).

“Kampus UIN KHAS Jember ke depan dapat menyelenggarakan kegiatan serupa UM, bahkan dinaikan di level internasional untuk membahas wacana-wacana aktual pengembangan Bahas Arab,” harap Fathoni.

Dalam seminar ini, dihadirkan juga sejumlah pembicara kunci yang mengupas hal ikhwal pengembagan Bahasa Arab. Mereka antara lain, Dr. Musthofa Farouk Dosen Adab dan Humaniora Universitas Al-Azhar Kairo Mesir dan Abu Sholeh dari Universitas Al-Azhar. Sementara dari Indonesia dihadirkan Dr. Kholisin Dosen Bahasa Arab UM.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Sumber: Kemenag

Tags

Terkini

Menag Tinjau Pembangunan Ma’had II UIN Walisongo

Senin, 27 September 2021 | 19:47 WIB

USM Berikan Beasiswa 56 Atlet

Sabtu, 25 September 2021 | 16:57 WIB
X