Wujud Kemandirian Energi, Warga Tumbrep Diajari Manfaatkan Limbah Ternak Jadi Biogas

- Senin, 5 September 2022 | 06:45 WIB
Ketua Tim IBDU, Edi Prayitno, SPt,MSi menyalakan kompor yang memanfaatkan biogas dari limbah ternak. (suaramerdeka.com / dok Undip)
Ketua Tim IBDU, Edi Prayitno, SPt,MSi menyalakan kompor yang memanfaatkan biogas dari limbah ternak. (suaramerdeka.com / dok Undip)

BATANG, suaramerdeka.com - Universitas Dipongoro (Undip) kembali menggelar program Iptek Bagi Desa Binaan Undip (IDBU).

Kali ini, Undip bekerja sama dengan pemerintah Desa Tumbrep, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang Tim IDBU memberikan penyuluhan dan pelatihan mengenai pengolahan limbah ternak untuk dimanfaatkan sebagai biogas dan pupuk organik.

Ketua Tim IDBU Edi Prayitno, SPt,MSi menjelaskan, kegiatan kali ini merupakan lanjutan program IDBU yang telah dilaksanakan sejak 2021.

Baca Juga: Tak Perlu Obat Kimia, Atasi Rambut Rontok dengan Daun Mangkokan, Simak 4 Caranya

"Tahun ini merupakan tahun kedua," jelas Edi, belum lama ini.

Pada kegiatan yang berlangsung di kediaman salah satu warga tersebut, peserta yang sebagian besar peternak diberikan pengetahuan dan keterampilan dalam mengolah limbah ternak untuk dijadikan pupuk organik.

Dijelaskan Edi, selain mengurangi pencemaran lingkungan, pupuk organik dari limbah ternak juga memberikan peluang tambahan income bagi peternak.

Saat peluncuran biogas oleh Tim IDBU, instalasi yang dibangun mampu menghasilkan gas yang bisa digunakan untuk memasak dan menyalakan lampu petromax.

Penyuluhan mengnai penggunaan dan maintenance reaktor biogas dilakukan oleh Tim IDBU yaitu Dr Ir Marry Christiyanto, MP dan Dr Ir Cahya Setya Utama, SPt, MSi,IPM.

Pada kesempatan itu pula hadir Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Batang Rindra Wardhana yang juga tertarik tentang pemanfaatan energi dari biogas.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Manfaatkan Kemasan Produk, Dosen FE USM Bekali UMKM

Sabtu, 3 Desember 2022 | 11:42 WIB

Floria Juara 1 dalam Expo Hari Pangan di USM

Rabu, 30 November 2022 | 15:13 WIB
X