PTS Jawa Tengah Berkolaborasi Sikapi Merdeka Belajar Kampus Merdeka

- Senin, 19 Juli 2021 | 09:12 WIB
Delegasi sejumlah perguruan tinggi swasta (PTS) se-Jateng menggelar rapat kordinasi secara virtual. (suaramerdeka.com / Hari Santoso)
Delegasi sejumlah perguruan tinggi swasta (PTS) se-Jateng menggelar rapat kordinasi secara virtual. (suaramerdeka.com / Hari Santoso)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pemberlakuan program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) disikapi beberapa perguruan tinggi swasta di Jateng dengan saling berkolaborasi.

Di antaranya, Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Semarang, STIE Assoleh Pemalang, STIE Surakarta, STT Wiworotomo Purwokerto dan STIMIK Bina Patria Magelang. Selain itu juga Universitas AKI Semarang, serta Universitas Boyolali.

"Kolaborasi ini diawali dengan menggelar rapat kordinasi membahas strategi dan langkah untuk menyongsong program merdeka belajar kampus merdeka. Forum ini diinisiasi kampus ITB Semarang  dan mendapat dukungan berbagai  pimpinan PTS," kata Wakil Rektor ITB Dr Sudarman di sela rapat koordinasi antarPTS, yang diselenggarakan secara virtual kemarin.

Baca Juga: Kelas Bahasa Indonesia Diminati Pengusaha India

Rapat itu dihadiri delegasi sejumlah perguruan tinggi sehubungan telah dimulainya program dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.  Pengelola kampus pun sepakat menjalankan program ini sebaik mungkin.

Sebab, di dalamnya mencakup adanya upaya jitu mendukung lulusan ketika meninggalkan bangku kuliah tidak hanya mengantongi ijazah melainkan dengan kompetensi keilmuan yang memadai.

"Program MBKM di dalamnya mencakup pemberlakuan magang kerja. Ada pula kesempatan mengambil  kuliah di kampus atau prodi lain untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan. Kami memandang program ini membantu mewujudkan kompetensi dan kepribadian unggul mahasiswa Indonesia,'' tambah Sudarman.

Baca Juga: 8 Mahasiswa Universitas Negeri Ruhuna, Sri Lanka Lulus Kelas Dasar Bahasa Indonesia

Pada pertemuan ini dibuat kerja sama antarkampus sebagai wujud nyata mendukung pemberlakuan program MBKM.

Misal dengan model pertukaran mahasiswa, kerja sama bidang riset, pengabdian kepada masyarakat, penulisan jurnal ilmiah baik dalam maupun luar negeri serta penyusunan kurikulum berbasis Outcome Based Education (OBE).

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menag Tinjau Pembangunan Ma’had II UIN Walisongo

Senin, 27 September 2021 | 19:47 WIB

USM Berikan Beasiswa 56 Atlet

Sabtu, 25 September 2021 | 16:57 WIB
X