Mahasiswa UIN KHAS Jember Borong Juara 1, 2, 3 Semnasbama Nasional

- Minggu, 18 Juli 2021 | 13:50 WIB
Mahasiswa UIN Jember. /suaramerdeka.com/dok
Mahasiswa UIN Jember. /suaramerdeka.com/dok

JEMBER, suaramerdeka.com - Tiga mahasiswa Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember berhasil memborong Juara 1, 2, dan 3 dalam lomba Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa (Semnasbama) Tingkat Nasional ke-V di Universitas Negeri Malang (UM).

Gelaran bergengsi bagi mahasiswa Perodi Bahasa Arab rutin diselenggarakan oleh Universitas Negeri Malang (UM) mengantarkan Fathoni Arifandi sebagai Juara 1, Faris Maturedy Juara 2, dan Ahmad Yasir Amrullah Juara 3 yang mengambil perlombaan katagori S2.

Semnasbama ke V diikuti oleh 50-an perguruan tinggi di Indonesia dan satu diantaranya dari Maroko. Untuk kelas strata satu (S1) diikuti oleh kurang lebih 30 perguruan tinggi dan S2, 20 perguruan tinggi.

Baca Juga: BAZNAS Beri Kesempatan Koperasi sebagai Penyalur Sapi Kurban, Jangan Sia-siakan Kesempatan Ini

Fathoni Arifandi mengangkat tema: “Dialek Madura pada Tindak Tutur Mahasiswa di Jember”. Faris Maturedy dengan judul: “Pengembangan Perpustakaan Digital Khusus Rujukan Berbahasa Arab” dan Ahmad Yasir Amrullah megambil topik “Penerapan Metode Kitabhahku untuk Pengembangan Penulisan Bahasa Arab”.

Semnasbama memperlombakan kemampuan dalam menulis artikel Bahasa arab sekaligus mempresentasikan dalam bentuk video dan dinilai oleh Dewan Juri yang kompeten.

Dari keseluruhan peserta di ambil 6 orang untuk presentasi melalui video dan ditetapkan kejuaraannya.

Fathoni Arifandi mengucapkan syukur alhamdulillah, berhasil melalui tahapan lomba dengan baik sampai menyabet juara 1, 2 dan 3 dari UIN KHAS Jember setelah diuji secara ketat oleh dua pakar Bahasa Arab dari UM, yaitu Dr. Mohammad Alfan dan Dr. Lukman Hakim.

Baca Juga: Idul Adha di Masa PPKM Darurat, Pertamina Pastikan Pasokan BBM hingga Avtur Berjalan Lancar

Pengumuman lomba diterima Fathoni pada Sabtu (16/7). “Kampus UIN KHAS Jember ke depan dapat menyelenggarakan kegiatan serupa UM bahkan dinaikan di level internasional untuk membahas wacana-wacana aktual pengembangan Bahas Arab”, harap Fathoni.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Terkini

Menag Tinjau Pembangunan Ma’had II UIN Walisongo

Senin, 27 September 2021 | 19:47 WIB

USM Berikan Beasiswa 56 Atlet

Sabtu, 25 September 2021 | 16:57 WIB
X