Banyak Orang Pintar, Namun Minim Kejujuran dan Tanggungjawab

- Kamis, 1 September 2022 | 17:17 WIB
Anak-anak SDN Petompon 03 Semarang menggunakan waktu istirahat untuk membaca buku di halaman taman sekolah, belum lama ini. (dok-sdnpetompon3)
Anak-anak SDN Petompon 03 Semarang menggunakan waktu istirahat untuk membaca buku di halaman taman sekolah, belum lama ini. (dok-sdnpetompon3)

SEMARANG,suaramerdeka - Kepala SDN Petompon 03 Semarang, Rejeki Waluyati berpendapat, pendidikan karakter bagi anak sangat penting sekali.

Apalagi bangsa saat ini tidak kekurangan orang yang pintar dan hebat. Tetapi bangsa saat ini lebih kekurangan orang-orang yang jujur, bertanggung jawab dan berkarakter.

Sehingga menurutnya, pendidikan karakter sangat penting bagi anak untuk menciptakan para pemimpin yang berkarakter di masa depan demi Indonesia yang lebih baik, serta bertindak sesuai dengan ajaran agama.

Baca Juga: Siswa SD Jadi Korban Kecelakaan Truk di Bekasi, Berapa Sih Batas Kecepatan di Zona Sekolah?

"Terlebih juga harus sesuai dengan nilai-nilai karakter bangsa Indonesia," ujarnya, kemarin.

Menurutnya, upaya dalam mendidik karakter anak baik di rumah atau di sekolah harus selaras sehingga anak menjadi terbiasa menerapkan karakter baik di rumah maupun di sekolah.

Jika terjadi kesenjangan antara sekolah dan rumah tentu karakter itu lama kelamaan akan pudar dengan sendirinya karena antara rumah dan sekolah tidak sejalan.

Baca Juga: Pengamalan Nilai Pancasila Kunci Cegah Radikalisme dan Terorisme

"Oleh sebab itulah dalam pendidikan karakter, kerjasama antara orang tua dan sekolah sangat penting dan harus saling menolong," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Hendra Setiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siswa SMKN 3 Salatiga Juara Lomba Tingkat ASEAN

Selasa, 15 November 2022 | 06:05 WIB
X