Warga Tidar Sari Kota Magelang Dipahamkan Pentingnya Literasi Kearsipan

- Kamis, 1 September 2022 | 09:09 WIB
Kegiatan pengabdian dari tim Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Unnes berupa pemahaman dan   pelatihan penyimpanan arsip kepada warga Tidar Sari, Kota Magelang. (SM/dok-Unnes)
Kegiatan pengabdian dari tim Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Unnes berupa pemahaman dan pelatihan penyimpanan arsip kepada warga Tidar Sari, Kota Magelang. (SM/dok-Unnes)


suaramerdeka.com - Warga Tidar Sari, Kota Magelang dibekali pemahaman mengenai pentingnya literasi kearsipan guna mendukung tata kelola administrasi yang baik.

Warga mendapat pelatihan dan pendampingan dari tim pengabdi Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Ketua tim pengabdi, Dian Fithra Permana menilai, kehidupan dalam suatu organisasi atau seseorang tidak pernah terlepas dari kebutuhan akan informasi.

Baca Juga: Kuat Maruf dan Putri Candrawathi Ketahuan ML di Magelang, Brigadir J Dikorbankan

Salah satu sumber informasi yang dibutuhkan oleh seseorang dapat diperoleh dari arsip, yang proses pengelolaannya disebut kearsipan.

"Kami menilai selama ini sistem penyimpanan arsip warga setempat masih kurang tertata dengan baik. Banyak terjadi kerusakan arsip penting, dan juga sulitnya menemukan kembali arsip yang diinginkan," kata Dian.

Karena itu, tim pengabdi yang juga beranggotakan Ahmad Saeroji dan Shelahiya ini memberikan pelatihan penyimpanan arsip melalui "Bakuteku".

Baca Juga: Tutup UKW, Bupati Magelang Ingin Wartawan Bisa Beri Harapan dan Nutrisi bagi Masyarakat

"Bakuteku" merupakan akronim dari Baca Aku Temukan Aku, yaitu sistem penyimpanan arsip yang merupakan pengembangan dari folder penyimpanan arsip.

Halaman:

Editor: Hendra Setiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

STIE AMA Salatiga Dijadikan Kampus Berbasis Wirausaha

Senin, 5 Desember 2022 | 22:41 WIB

Manfaatkan Kemasan Produk, Dosen FE USM Bekali UMKM

Sabtu, 3 Desember 2022 | 11:42 WIB
X