Belajar di Alam Terbuka, Cara Agar Anak Tak Bosan Sekaligus Mengenalkan Lingkungan

- Jumat, 16 Juli 2021 | 12:05 WIB
Menangkap ikan di parit, salah cara belajar di alam.(suaramerdeka.com / dok)
Menangkap ikan di parit, salah cara belajar di alam.(suaramerdeka.com / dok)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Kampus Mengajar merupakan salah satu agenda kegiatan yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi untuk memajukan pendidikan sekolah dasar di daerah terdepan terluar dan tertinggal.

Salah satu mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta yang terlibat, Nuraida Mahmudatul Latifah yang ditempatkan di SD N Gadingsari 2 Kecamatan Pakem, Bondowoso, Jawa Timur di lereng Gunung Argopuro.

Sesuai dengan pendidikannya di Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY, ia mengembangkan olahraga yang dimodifikasi serta didukung dengan treatment yang memungkinkan siswa bermain sambil belajar tentang alam yang ada di sekitar mereka.

Baca Juga: Varian Delta Mengganas, Pelancong Indonesia Dilarang Masuk Filipina

''Cara ini sebagai acuan belajar anak selama masa pandemi. Mereka yang sudah bosan belajar di rumah harus disegarkan pikirannya melalui hal-hal positif dan membangun supaya lebih terarah dengan adanya pengetahuan dan penyampaian dengan cara yang baru,'' papar Nuraida.

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi tersebut mengusung tema ''Giri Wana Rally'' yang dipopulerkan dalam kegiatan kepramukaan.

Ia mengajak peserta didik untuk mengenal lingkungan hutan secara menyeluruh, bersama dengan pengenalan cara bertahan di alam bebas dan kekuatan mental serta fisik yang harus selalu prima.

Porgram yang dipraktikannya juga sebagai bentuk kecintaan terhadap kekayaan alam yang ada. Menurutnya, ini adalah bahan ajar pendidikan jasmani yang menyenangkan dan membuat anak tidak cepat merasa bosan.

Baca Juga: Tantangan Kenaikan Covid-19, Pembatasan Mobilitas dan Percepatan Vaksinasi Jadi Kunci

Nuraida membagi kegiatannya menjadi tiga tahap pengenalan yaitu penyampaian materi di kelas sebagai dasar pengetahuan pada saat nanti terjun ke lapangan.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dapat Bantuan Dana Abadi, UGM Beri Beasiswa Mahasiswa

Sabtu, 18 September 2021 | 13:52 WIB

Dosen Polines Jadi Ketua Persatuan Insinyur Jateng

Kamis, 16 September 2021 | 22:56 WIB
X