Empat Mahasiswa UAD Raih Beasiswa ke Eropa Lewat Program IISMA

- Jumat, 16 Juli 2021 | 09:48 WIB
Beasiswa. (foto ilustrasi: pikiran rakyat) (Rep)
Beasiswa. (foto ilustrasi: pikiran rakyat) (Rep)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Sebanyak 14 mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berhasil meraih beasiswa penuh melalui program IISMA (Indonesian International Student Mobility Award), dan ICT (International Credit Transfer).

Empat mahasiswa menerima beasiswa ke Eropa melalui program IISMA, dan sepuluh mahasiswa menerima beasiswa program ICT ke sejumlah universitas mitra UAD di Malaysia.

Kepala Bidang Kerjasama Luar Negeri UAD, Ida Puspita MA Res mengungkapkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) menawarkan program baru sebagai bagian dari implementasi program Kampus Merdeka yakni Pertukaran Mahasiswa melalui IISMA .

IISMA adalah skema beasiswa Pemerintah Indonesia untuk mendanai mahasiswa Indonesia dalam program mobilitas di universitas ternama di luar negeri.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Semarang Hari Ini: Cerah-Berawan Sepanjang Hari

Mahasiswa berkuliah selama satu semester di perguruan tinggi di luar negeri untuk mempelajari ilmu di luar prodinya, budaya negara tujuan, dan melakukan tugas praktik untuk mengasah keterampilan.

''Program IISMA terbuka untuk seluruh mahasiswa Indonesia yang ingin kuliah ke luar negeri. Proses seleksi dilakukan dalam dua tahap, yaitu proses seleksi di universitas/perguruan tinggi masing-masing sesuai dengan syarat yang ditetapkan oleh Kemendikbud ristek dan PTLN) serta proses seleksi wawancara yang dilakukan oleh tim dari Kemendikbud Ristek,'' jelas Ida.

Setelah melalui proses seleksi yang sangat ketat seperti seleksi administrasi antara lain nilai IPK dan nilai kemampuan Bahasa Inggris serta seleksi wawancara.

Empat mahasiswa UAD berhasil meraih beasiswa penuh untuk kuliah selama satu semester di empat universitas ternama di Eropa.

Baca Juga: Masyarakat Punya Peran Tekan Kasus Corona di Tingkat Keluarga

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gubernur NTT Raih Gelar Doktor di UKSW Salatiga

Senin, 25 Oktober 2021 | 10:48 WIB

UPGRIS-Dokkes Polda Jateng Gelar Vaksinasi Lanjutan

Minggu, 24 Oktober 2021 | 21:40 WIB
X