Kualitas Pendidikan Perlu Peningkatan Sistem Pembelajaran yang Adaptif dan Sinergis

- Rabu, 14 Juli 2021 | 16:45 WIB
Pelajar Aceh tengah melaksanakan pembelajaran di luar kelas/Foto Antara
Pelajar Aceh tengah melaksanakan pembelajaran di luar kelas/Foto Antara

JAKARTA, suaramerdeka.com - Perubahan sistem pembelajaran di masa pandemi berdampak pada kualitas pendidikan di tanah air yang membutuhkan upaya adaptasi lewat berbagai inovasi.

"Pekerjaan rumah yang mesti diperhatikan dalam sistem pendidikan yang berubah saat ini adalah learning loss, learning culture, learning adaptation dan learning innovation," kata Ketua Yayasan Sukma Lestari Moerdijat yang juga Wakil Ketua MPR RI dalam webinar bertema Membangun Sinergi Demi Mutu Hebat Pendidikan Aceh, dalam rangka peringatan 15 tahun Sekolah Sukma Bangsa, Rabu 14 Juli 2021.

Diskusi daring yang dimoderatori Fachrurrazi, M.A. (Direktur Sekolah Sukma Bangsa Bireun) dihadiri Hamdani, Spd, Mpd (Kepala bidang SMA, Dinas Pendidikan Aceh), Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng (Rektor Universitas Syiah Kuala), Hj. Illiza Saaduddin Djamal (Anggota DPR-RI Aceh/Komisi X Bidang Pendidikan Perpustakaan dan Pariwisata) dan DR. Reza Idria (Antropolog/Dosen UIN Ar-Raniry Aceh) sebagai narasumber.

Baca Juga: Aparat Perlu Beri Pemahaman Petugas Lapangan, La Nyalla: Agar Lebih Sensitif Ingatkan Pelanggar

Lestari mengatakan diperlukan restrukturisasi sistem dan tata pembelajaran secara sinergis untuk meningkatkan mutu pendidikan saat ini.

Menurut Lestari pendidikan yang berkualitas dan berkelanjutan patut dipersiapkan dengan mempertimbangkan situasi lokal mengingat Indonesia memiliki sumber daya manusia dengan perbedaan suku, agama, bahasa, budaya dan adat istiadat.

Sekolah Sukma Bangsa, ungkap Lestari menanamkan filosofi school that learns sebagai fondasi pengembangan sekolah.

Dalam perkembangannya Sekolah Sukma Bangsa dengan kemampuan inovasinya di setiap periode, merumuskan kurikulum perdamaian dan resolusi konflik berbasis sekolah.

Baca Juga: Masyarakat Terdesak Kondisi Pandemi, SWI: Oknum Pinjol Ilegal Manfaatkan Momentum PPKM Darurat

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ita: Mahasiswa Unika Bantu Turunkan Angka Covid-19

Minggu, 5 Desember 2021 | 21:25 WIB
X