MPLS SMP di Cilacap Digelar Daring, Siswa Baru Tetap Pakai Seragam

- Selasa, 13 Juli 2021 | 11:22 WIB
Momentum kegiatan MPLS secara online atau daring di SMPN 2 Majenang, Kabupaten Cilacap, Senin (12/7/2021). (suaramerdeka.com / dok)
Momentum kegiatan MPLS secara online atau daring di SMPN 2 Majenang, Kabupaten Cilacap, Senin (12/7/2021). (suaramerdeka.com / dok)

CILACAP, suaramerdeka.com - Meskipun pelaksanaan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) SMP di Cilacap digelar secara online atau dalam jaringan (daring), namun siswa baru yang mengikuti kegiatan pada Senin (12/7/2021) memakai seragam.

Potret ini terpantau di SMPN 2 Majenang. Kepala SMPN 2 Majenang, Suwarno mengatakan, pihak sekolah mengarahkan siswa untuk mengenakan seragam saat mengikuti MPLS daring. Seragam yang umum dipakai siswa itu merupakan seragam SD, karena mereka masih baru.

"Ini tentunya menjadi bagian dari pembelajaran karakter bagi anak-anak, mereka disiplin melaksanakan aktivitas sejak bangun pagi sebagaimana umumnya anak sekolah, lalu mengikuti MPLS dari rumah karena daring," kata Suwarno, Senin (12/7/2021).

Baca Juga: Jika Vaksin Memang Harus Berbayar, Maka Pemerintah Memberikan Subsidi

Dia mengatakan, MPLS daring di sekolahnya memanfaatkan google classroom dan media sosial (medsos). Kegiatan MPLS dibuat jadwal dan siswanya mengikuti secara online.

Dalam pelaksanaannya, lanjut dia orang tua atau wali turut berperan mendampingi anak-anaknya.

Bahkan, beberapa di antaranya meminta untuk ikut dimasukkan dalam grup supaya bisa memantau. "Jadi orang tua juga ikut berperan dan ada keterlibatan di sini," kata dia.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Cilacap, Marjoko mengatakan, MPLS daring SMP di Cilacap umum memanfaatkan google classroom dan atau aplikasi serupa maupun sosial media.

Baca Juga: Demi Kemanusiaan, Personel Polsek Cilongok Donorkan Plasma Konvalesen

 "Secara umum berjalan lancar karena ini pengalaman kedua. Tahun 2020 MPLS juga daring dan pembelajarannya juga sering pakai daring, sehingga insya Allah teman-teman (sekolah) sudah terbiasa," kata dia.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SMP Muhammadiyah Plus Juara Mapsi Salatiga

Minggu, 26 September 2021 | 11:04 WIB

Siswa Tidak Sehat, Diminta Tidak Usah Ikut PTM

Kamis, 23 September 2021 | 18:44 WIB

Jawab Tantangan, KIH SMK Negeri 6 Semarang Diresmikan

Minggu, 19 September 2021 | 19:58 WIB

SDI Al Azhar 29 Terbitkan Buku Ajar

Minggu, 19 September 2021 | 19:24 WIB
X