Pengenalan Lingkungan Sekolah Tidak Hanya untuk Angkatan Baru

- Selasa, 13 Juli 2021 | 10:48 WIB
Salah seorang siswa saat mengikuti kegiatan secara daring Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pada hari pertama. (suaramerdeka.com / Muhammad Arif Prayoga)
Salah seorang siswa saat mengikuti kegiatan secara daring Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pada hari pertama. (suaramerdeka.com / Muhammad Arif Prayoga)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pada hari pertama masuk sekolah tidak hanya diperuntukkan bagi siswa angkatan baru, namun juga bagi tingkatan lain di atasnya.

Mereka menjalani MPLS secara daring dengan dipandu wali kelas barunya. Orangtua salah satu siswa, Restu Indah, menyampaikan, pihak sekolah telah memberitahukan akan adanya kegiatan daring melalui aplikasi maupun zoom bagi MPLS pada beberapa hari sebelumnya.

Kemudian, siswa dengan didampingi orangtua hadir dalam kegiatan tersebut. ''Kegiatan MPLS antara lain berupa perkenalan dengan wali kelas dan teman-teman kelasnya yang baru. Ada juga pemberian motivasi belajar ke depan bagi para siswa.”

“Selain itu, juga dilakukan pembentukan pengurus kelas, membentuk grup paguyuban jika memungkinkan, hingga menyampaikan sistem dan jadwal pembelajaran yang masih harus berlangsung daring hingga ada info selanjutnya,'' kata dia, Senin (12/7).

Baca Juga: Masa PJJ, Siswa SMPIT Izzatul Islam Getasan Diajak Bijak Bersosial

Restu menambahkan, jika anaknya dalam egiatan daring diminta untuk mengenakan seragam OSIS.

Dirinya harus mendampingi dua anaknya secara bergantian, yang kebetulan sama-sama bersekolah di SMP negeri yang sama.

''Jadi, yang pertama kali ikut MPLS kakak perempuannya yang duduk di bangku kelas 9. Setelah selesai, giliran adiknya yang ikut MPLS daring pada pukul 09.00,'' ujar warga Kelurahan Gajahmungkur, Kecamatan Gajahmungkur tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang, Gunawan Saptogiri, mengatakan, MPLS daring nantinya akan dievaluasi pelaksanaannya termasuk di dalamnya keikutsertaan siswa saat kegiatan tersebut dilangsungkan.

Baca Juga: Aplikasi ‘FINIC’ Tim Diaspora Indonesia Juarai Lomba NYCU di Taiwan

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siswa Tidak Sehat, Diminta Tidak Usah Ikut PTM

Kamis, 23 September 2021 | 18:44 WIB

Jawab Tantangan, KIH SMK Negeri 6 Semarang Diresmikan

Minggu, 19 September 2021 | 19:58 WIB

SDI Al Azhar 29 Terbitkan Buku Ajar

Minggu, 19 September 2021 | 19:24 WIB
X