UNS Beri Sentuhan Inovasi Kemasan Produk Mie Soon Desa Manjung

- Senin, 5 Juli 2021 | 11:48 WIB
Para perajin mie soon Desa Manjung Klateng foto bersama  tim Research Group Office and Business Administration UNS. (suaramerdeka.com / dok)
Para perajin mie soon Desa Manjung Klateng foto bersama tim Research Group Office and Business Administration UNS. (suaramerdeka.com / dok)

KLATEN, suaramerdeka.com - Desain kemasan sebuah produk merupakan hal penting yang perlu diperhatikan oleh produsen.

Kemasan yang menarik mampu menjadi nilai tambah sehingga menciptakan impresi bagi konsumen dan memunculkan keinginan untuk membeli produk tersebut.

Teknologi saat ini membawa kemajuan dan kemudahan untuk mendesain sebuah produk. Kekurangan akses teknologi ini dialami para produsen mie soon Desa Manjung, Klaten.

Baca Juga: PPKM Darurat Diterapkan, Sandiaga Uno: Tantangan untuk Menghadirkan Kebijakan Tepat Sasaran

Para produsen belum mampu mengoptimalkan kemasan produk mereka. Padahal produk mie soon Desa Manjung memiliki potensi untuk bersaing dengan produk varian mie lainnya.

Permasalahan ini ditangkap Research Group Office and Business Administration, Program Studi D3 Manajemen Administrasi, Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret. Pandemi tidak menghalangi berjalannya program kemitraan masyarakat.

Program yang diketuai oleh Dra Sudaryanti MSi ini mengakomodasi para produsen mie soon yang tergabung dalam Koperasi Adi Mulyo, Desa Manjung, Klaten agar dapat menambah nilai jual produk mie soon dengan desain kemasan yang kreatif dan inovatif.

Baca Juga: Kenang Pengabdian Harmoko, Menkominfo: Terima Kasih atas Karya dan Dedikasinya untuk Indonesia

Kegiatan yang bermitra dengan UMKM ini melakukan pelatihan di salah satu rumah warga dengan protokol kesehatan yang ketat, baru-baru ini.

Pada pelatihan pertama, para produsen mie soon diberi pengetahuan mengenai Teknologi Kemasan dan Desain Kemasan, serta Labeling Kemasan. Selanjutnya dilakukan sesi diskusi mengenai kondisi dan permasalahan yang dihadapi oleh para produsen.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ita: Mahasiswa Unika Bantu Turunkan Angka Covid-19

Minggu, 5 Desember 2021 | 21:25 WIB
X