Aplikasi Stefa Bantu Hilirisasi Produk Siswa SMK

- Rabu, 30 Juni 2021 | 17:59 WIB
PELUNCURAN DARING: Kepala Biro Kesra Pemprov Jawa Tengah, Imam Maskur dan Plt Kadisdikbud Hari Wuljanto, hadir dalam peluncuran aplikasi sistem informasi teaching factory (Stefa) secara daring di SMK 6 Semarang. (suaramerdeka.com/dok)
PELUNCURAN DARING: Kepala Biro Kesra Pemprov Jawa Tengah, Imam Maskur dan Plt Kadisdikbud Hari Wuljanto, hadir dalam peluncuran aplikasi sistem informasi teaching factory (Stefa) secara daring di SMK 6 Semarang. (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Siswa sekolah vokasi di era abad teknologi informasi banyak menciptakan produk yang akan bisa dipakai membantu masyarakat.

Permasalahannya belum semua orang mengetahui kemampun para pelajar SMK menciptakan inovasi dan kreasi terbarukan. Hal ini juga yang menjadikan hilirisasi produk siswa SMK butuh didukung menggunakan piranti memadai.

"Saya menyambut baik terobosan yang dilakukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng, melalui aplikasi sistem informasi teaching factory (Stefa). Aplikasi ini sepenuhnya akan dapat dipakai membantu menjual produk hasil dari kreasi dan inovasi murid-murid," kata Kepala Biro Kesra Pemprov Jateng, Imam Maskur saat hadir dalam peluncuran aplikasi sistem informasi teaching factory (Stefa) secara daring di SMK 6.

Imam mewakili Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Dia pun membacakan sambutan gubernur sebagai upaya memberikan semangat dan motivasi supaya aplikasi bisa dimanfaatkan penuh membantu hilirisasi produk siswa sekolah vokasi. Melalui aplikasi terbaru ini jangkauan pasar dan penjualan produk-produk pelajar SMK di Jateng semakin diperluas.

Baca Juga: Kondisi Sangat Genting, Pemerintah Jangan Hanya Andalkan Sukarelawan Bantu Pasien Covid-19

Plt Kepala Disdikbud Jateng, Dr Hari Wuljanto mengungkapkan, aplikasi Steftak ubahnya sebuah ruangan luas (marketplace) yang akan digunakan memasarkan secara daring berbagai produk hasil siswa SMK. Melalui platform digital tersebut, berbagai produk yang dihasilkan siswa SMK akan dapat diunggah agar diketahui masyarakat luas. Bagi yang merasa membutuhkan produk dari masing-masing sekolah dapat segera menghubungi.

"Setelah tahapan aplikasi jadi, kemudian dikembangkan dan dimanfaatkan SMK-SMK di Jateng. Setelah itu, kita akan meningkatkan kualitas mulai dari produk dan kemasan bekerjasama dengan Bank Jateng untuk proses bisnisnya. Adapun kami sebagai operatornya saja," jelas dia.

Diharapkan aplikasi ini akan dapat meningkatkan kualitas SDM SMK melalui berbagai produk yang sesuai kebutuhan masyarakat. Misal tata boga, kuliner, tata busana, perhotelan, peternakan, pertanian, kerajinan dan lainnya. Pada tahap I ini, pihaknya akan menerapkan aplikasi Stefa pada 50 SMK dari total sekitar 1.500 SMK negeri dan swasta yang ada di provinsi ini.

Secara bertahap, aplikasi akan disosialisasikan hingga seluruh SMK menggunakan. SMK yang sudah menerapkan aplikasi Stefa di antaranya SMK 6 Semarang. Kepala SMK 6 Semarang, Almiati mengatakan, pihaknya merasa terbantu dalam pemasaran produk hasil karya siswa. Dia berkeinginan aplikasi Stefa semakin meningkatkan soft skill para siswa sehingga ketika lulus nantinya, mereka terjun menjadi wirausaha.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SMP Muhammadiyah Plus Juara Mapsi Salatiga

Minggu, 26 September 2021 | 11:04 WIB

Siswa Tidak Sehat, Diminta Tidak Usah Ikut PTM

Kamis, 23 September 2021 | 18:44 WIB

Jawab Tantangan, KIH SMK Negeri 6 Semarang Diresmikan

Minggu, 19 September 2021 | 19:58 WIB

SDI Al Azhar 29 Terbitkan Buku Ajar

Minggu, 19 September 2021 | 19:24 WIB
X