Pembelajaran Daring, Guru BK dan Dosen Dituntut Kreatif

- Rabu, 30 Juni 2021 | 15:12 WIB
Foto: SM/Dok
Foto: SM/Dok

SEMARANG, suaramerdeka.com - Kondisi pandemi mengakibatkan berbagai macam perubahan termasuk salah satunya di ranah pendidikan.

Pembelajaran yang awalnya tatap muka berubah menjadi pembelajaran daring dengan berbasis e-learning dan blended learning.

Guru Bimbingan dan Konseling (BK) maupun dosen dituntut beradaptasi dan bertransformasi menghadapi kondisi ini.

Baca Juga: Vaksinasi Anak, Dinkes Sleman Tunggu Instruksi Pemda

Salah satunya dengan berkreasi serta berinovasi dalam mengembangkan media pembelajaran yang menarik, komunikatif serta kekinian.

Hal tersebut mengemuka dalam workshop yang diselenggarakan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas PGRI Semarang (Upgris).

Mengangkat tema "Penyusunan Media Bimbingan dan Konseling dalam rangka Mempersiapkan Pembelajaran Tatap Muka", workshop ini diselenggarakan selama dua hari dan diikuti oleh 193 peserta yang berasal dari unsur guru, dosen serta mahasiswa yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.

Baca Juga: Dukung Jokowi The King Of Lip Service, BEM Undip: Pemberangus Kebebasan Berpendapat juga Datang dari Kampus

Dekan FIP Upgris, Muniroh Munawar mengemukakan, guru BK dalam memberikan layanan kepada siswa membutuhkan media yang menarik. Sehingga siswa menjadi lebih antusias untuk menyimak dan berpartisipasi pada layanan yang diberikan oleh guru BK.

"Karenanya, untuk meningkatkan profesionalisme guru BK dalam menjalankan tugasnya, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui kegiatan workshop ini. Tujuannya memfasilitasi guru BK mengasah kemampuan dalam menyusun media pelayanan baik media grafis maupun audio," kata Muniroh, Rabu (30/6).

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Terkini

SMP Muhammadiyah Plus Juara Mapsi Salatiga

Minggu, 26 September 2021 | 11:04 WIB

Siswa Tidak Sehat, Diminta Tidak Usah Ikut PTM

Kamis, 23 September 2021 | 18:44 WIB

Jawab Tantangan, KIH SMK Negeri 6 Semarang Diresmikan

Minggu, 19 September 2021 | 19:58 WIB

SDI Al Azhar 29 Terbitkan Buku Ajar

Minggu, 19 September 2021 | 19:24 WIB
X