Pentingnya Cyber Counseling bagi Guru BK di Masa Pandemi, Meski Terdapat Hambatan dan Kekurangan

- Selasa, 23 Agustus 2022 | 09:08 WIB
Sejumlah guru Bimbingan dan Konseling SMK mengikuti pelatihan Cyber Counseling di SMK 7 Semarang, belum lama ini. (suaramerdeka.com/Fista Novianti)
Sejumlah guru Bimbingan dan Konseling SMK mengikuti pelatihan Cyber Counseling di SMK 7 Semarang, belum lama ini. (suaramerdeka.com/Fista Novianti)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Di masa pandemi ini, sejumlah guru Bimbingan dan Konseling (BK) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bisa menerapkan pentingnya layanan cyber counseling.

Demikian disampaikan Ketua Tim Pengusul Dr Awalya saat kegiatan pengabdian ''Pelatihan Cyber Counseling Bagi Guru BK SMK Kota Semarang'' di SMK 7 Semarang, belum lama ini.

Ikut hadir pada kegiatan tersebut adalah guru BK dari SMK 1, 2,3,4,5,7,8,9,10 dan SMK Jateng, SMK Palapa, SMK Texmaco, SMK Teuku Umar, SMK Hidayah.

Baca Juga: Siap-siap Kaya 3 Zodiak Ini, Rezeki dan Cuan yang Diperoleh Tidak Akan Pernah Kering

Awalya menuturkan, kegiatan ini diselenggarakan Prodi Bimbingan Konseling Program Pascasarjana Universitas Negara Semarang, dan Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling Kota Semarang (MGBK SMK Kota Semarang).

Terselenggara dari hasil penelitian awal dukungan sekolah terhadap pelaksanaan layanan Bimbingan Konseling pada masa pandemi covid-19 di SMK Negeri Kota Semarang.

Menyikapi masalah tersebut, kata dia, layanan konseling dapat dilakukan secara online atau disebut counseling online, yaitu konselor-konseli tidak harus bertemu satu sama lain, kemudian keamanan, dan privasi yang lebih menonjol.

Baca Juga: Gembira Sekali 6 Zodiak Ini, Mampu Menarik Rezeki dan Cuan, Saldo Tabungan Menggelembung

Sehingga meningkatkan paradigma negatif potensial terkait dengan menemui konselor.

Akan tetapi juga terdapat kekurangan dan hambatan dari layanan counseling online yang data non-verbal yang biasanya diambil dari menonton bahasa tubuh dan petunjuk visual secara langsung akhirnya mengubah dinamika konseling pada umumnya.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siswa SMKN 3 Salatiga Juara Lomba Tingkat ASEAN

Selasa, 15 November 2022 | 06:05 WIB
X