Pengajaran Berbasis Alam Dinilai Efektif untuk Murid SD

- Kamis, 24 Juni 2021 | 09:37 WIB
Diah Yulianingsih, mahasiswi UAD Yogyakarta bersama anak-anak SD Negeri Dampit Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang belajar di alam dalam program Kampus Merdeka dari Kemendikbud RI. (suaramerdeka.com/Asef Amani)  (Asef Amani)
Diah Yulianingsih, mahasiswi UAD Yogyakarta bersama anak-anak SD Negeri Dampit Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang belajar di alam dalam program Kampus Merdeka dari Kemendikbud RI. (suaramerdeka.com/Asef Amani) (Asef Amani)

MAGELANG, suaramerdeka.com - Pengajaran berbasis alam dinilai cukup efektif dalam mengenalkan murid sekolah dasar (SD) terhadap lingkungan sekitar.

Apalagi lingkungan sosial siswa yang berada di daerah pegunungan, jauh dari akses teknologi, dan mudah bosan dengan pelajaran.

Seperti yang dilakukan Diah Yulianingsih, mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta ketika mempraktikkan pengajaran berbasis alam ini.

Baca Juga: Setelah Berlangsung Selama Sebulan, Mahasiswa Peserta KKN Pandemi 3 Ditarik dari Kegiatannya

Mahasiswi terpilih dalam program kampus mengajar yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) ini mempraktikkan sistem tersebut di SD Negeri Dampit Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang selama tiga bulan, 22 maret-26 Juni 2021.

Dia menuturkan, penerapan pengajaran berbasis alam ini karena dilatarbelakangi oleh lingkungan sosial siswa yang berada di pegunungan, jauh dari akses teknologi, dan siswa yang mudah bosan dengan pelajaran.

"Salah satu kegiatan pembelajaran di alam yang sukses saya lakukan, ketika kami belajar tentang bentuk-bentuk daun. Saya beserta siswa jalan ke area kebun-kebun dan sungai, kemudian siswa diminta membawa daun yang ditemuinya di jalan. Lalu, ketika kembali ke sekolah, daun yang sudah dibawa itu ditempel di kertas dan dianalisis ciri-cirinya," ujarnya kepada suaramerdeka.com, Kamis, 24 Juni 2021.

Baca Juga: IPPBMM PTKIN se-Jawa dan Madura 2021 Perebutkan 53 Medali

Ia menilai, pembelajaran berbasis alam yang diterapkan ini terbukti efektif. Siswa tidak bosan dengan pembelajaran, hingga tidak terasa sudah waktunya pulang.

Ini baru satu contoh saja, belum kegiatan lain yang dilakukannya saat mengajar para siswa di luar ruangan kelas.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Terkini

PBI UPGRIS Sukses Gelar 3 Program Kampus Merdeka

Selasa, 26 Oktober 2021 | 20:22 WIB
X