Implementasi Kurikulum Merdeka, Guru Dihadapkan Tantangan Berat

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 11:36 WIB
Ketua PGRI Jateng, Dr Muhdi memberikan arahan kepada para guru pada workshop implementasi Kurikulum Merdeka. (suaramerdeka.com / Eko Fataip)
Ketua PGRI Jateng, Dr Muhdi memberikan arahan kepada para guru pada workshop implementasi Kurikulum Merdeka. (suaramerdeka.com / Eko Fataip)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Implementasi Kurikulum Merdeka yang digagas Mendikbudristek akan menjadi tantangan berat bagi para guru dan tenaga pendidik.

Tantangan berat ini tak lepas dari mepetnya waktu persiapan para guru dalam memahami dan mempelajari konsep maupun penerapan kurikulum baru tersebut.

Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Provinsi Jateng, Dr Muhdi menyatakan, pihaknya mengakui belum banyak guru yang sepenuhnya siap dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

Baca Juga: Prediksi Karir dan Keuangan Zodiak Capricorn, Aquarius, Pisces, Aries, Taurus, Gemini, Sabtu 13 Agustus 2022

Karena itu, sebagai organisasi profesi guru, PGRI berupaya terus memberikan pelatihan dan pendampingan kepada mereka terkait penerapan dan implementasinya.

Muhdi menilai, kurikulum menjadi hal yang sangat utama dalam upaya memajukan dunia pendidikan.

Apalagi dalam hal ini ada sejumlah perubahan cukup besar dari penerapan kurikulum lama ke kurikulum yang baru.

Baca Juga: Cek Asmara Zodiak Hari Ini 12 Agustus 2022: Scorpio Terjerat, Sagitarius Tahan Emosi, Libra Menang Argumen

"Kurikulum Merdeka ini membutuhkan perubahan cara berpikir guru. Demikian pula cara pembelajarannya yang berubah. Ini terasa begitu cepat harus diimplementasikan, sedangkan masih banyak guru yang belum begitu siap," ujarnya setelah membuka Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka di Kampus 2 Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), Jl Sriwijaya Semarang.

Dia menyebut, merujuk pernyataan dari beberapa sumber di sejumlah dinas pendidikan, jumlah guru yang dinilai siap dalam mengimplementasikan kurikulum ini masih 20 persen dari seluruh guru di Jawa Tengah.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

MBKM Beri Ruang Mahasiswa Berkembang

Sabtu, 24 September 2022 | 09:52 WIB

Stikes Kesdam IV Diponegoro Terus Tingkatkan Kulitas

Jumat, 23 September 2022 | 20:37 WIB
X