FPP Undip Dampingi dan Beri Penyuluhan Peternak Donorojo Antisipasi PMK

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 15:45 WIB
Tim FPP Undip memberikan penyuluhan kepada para peternak di Kampoeng Lemon, Kecamatan Donorojo, Jepara. (suaramerdeka.com / dok Undip)
Tim FPP Undip memberikan penyuluhan kepada para peternak di Kampoeng Lemon, Kecamatan Donorojo, Jepara. (suaramerdeka.com / dok Undip)

JEPARA, suaramerdeka.com - Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP) Universitas Diponegoro (Undip) melalui Departemen Peternakan menggelar pendampingan kepada peternak Donorojo, Kabupaten Jepara

Kegiatan pendampingan peternak ini bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Jepara.

Kegiatan yang berlangsung di Kampoeng Lemon, Kecamatan Donorojo tersebut diikuti puluhan peternak yang tergabung dalam Paguyuban Peternak Sapi Potong "Pangon Maliter" dan peternak bebek anggota AABI Kabupaten Jepara.

Baca Juga: 3 Rahasia Bikin Aglonema Beranak Pinak, No 2 Banyak yang belum Tahu

"Fokus kami saat ini adalah memberikan penyuluhan dan pendampingan kepada peternak terkait pencegahan dan penanggulangan penyakit mulut dan kuku (PMK)," kata Ir Rudy Hartanto, SPt,MP, PhD, IPM dari Undip.

Selain pencegahan PMK, kegiatan tersebut juga disampaikan sejumlah upaya peningkatan produktivitas ternak sapi potong, sekaligus pakan alternatif dari maggot BSF untuk ternak bebek.

"Tapi untuk saat ini kami lebih prioritaskan pada kegiatan penyuluhan dan pendampingan," jelas Rudy.

Ketua Departemen Peternakan Dr Ir Sri Sumarsih, SPt, MP, IPM dalam sambutannya mengatakan, kegiatan kali ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan pimpinan FPP Undip dengan AABI dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Jepara.

Baca Juga: Puncak Kemarau Peternak Harus Pintar-pintar Bikin Pakan Alternatif

"Kegiatan ini merupakan awal kerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Jepara. Kami berharap akan ada kegiatan serupa di wilayah dan kelompok lain," kata Sri Sumarsih.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

MBKM Beri Ruang Mahasiswa Berkembang

Sabtu, 24 September 2022 | 09:52 WIB

Stikes Kesdam IV Diponegoro Terus Tingkatkan Kulitas

Jumat, 23 September 2022 | 20:37 WIB
X