Optimalisasi Pemanfaatan Sumber Daya Maritim, PIP Semarang-KSOP Kelas III Lembar, NTB, Selenggarakan DPM

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 12:28 WIB
Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menggandeng Asta Maritim Indonesia (AMI) NTB menggelar kegiatan DPM. (suaramerdeka.com / dok PIP Semarang)
Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menggandeng Asta Maritim Indonesia (AMI) NTB menggelar kegiatan DPM. (suaramerdeka.com / dok PIP Semarang)

MATARAM, suaramerdeka.com - Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki potensi kemaritiman yang luas. 

Jadi, untuk dapat mengelolanya tentu harus didukung oleh sumber daya manusia yang kompeten di bidangnya.

Sejalan dengan hal tersebut, dalam rangka meningkatkan SDM Maritim di lingkungan KSOP Kelas III Lembar, NTB, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang menggandeng Asta Maritim Indonesia (AMI) NTB.

Mereka melaksanakan kegiatan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) dengan jenis diklat Basic Safety Training (BST) Kapal Layar Motor dan Surat Keterangan Kecakapan (SKK) 60 mil, pada 1–6 Agustus 2022.

Baca Juga: Suspek Cacar Monyet Ditemukan di Indonesia, Benarkah Positif Terjangkit dan Apa Saja Gejalanya?

Lokasinya di AMI NTB, dengan jumlah peserta sebanyak 120 orang yang berasal dari Lombok Barat, Lombok Utara, dan Lombok Timur.

Banyaknya masyarakat nelayan di NTB saat ini, tentu menjadi modal berharga dalam upaya optimalisasi pemanfaatan sumber daya kemaritiman yang tersedia.

Sumber daya manusia menjadi perhatian khusus pemerintah Jokowi, seperti disampaikan Capt. Dedy Kurniadi, M.M., selaku Kepala Bidang Pelatihan Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut dalam pembukaan Diklat Pemberdayaan Masyarakat di kota Mataram.

“Diklat ini merupakan prioritas nasional yang merupakan program dari Bapak Jokowi. Dalam pidatonya pada saat pelantikan, bahwa dalam lima tahun terakhir ini, diletakkan pada periode pertama dan diperkuat di periode kedua, bahwa pengembangan sumber daya manusia sangat-sangat penting. Karena itu, PIP Semarang dengan KSOP Lembar dan Asta Maritim hadir ditengah Bapak Ibu semua untuk menjawab salah satu tantangan dari presiden kita,” ujar Dedy Kurniadi.

Baca Juga: Tambah Kekuatan Lini Serang, PSIS Datangkan Titus Bonai

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

FK Undip Gelar Skrining dan Edukasi Lansia

Senin, 3 Oktober 2022 | 17:04 WIB

Bedah 3 Buku Karya Alumni Fakultas Kedokteran Undip

Jumat, 30 September 2022 | 15:31 WIB
X