Pendidikan Vokasi Sistem Ganda Selaraskan Dua Tempat Pembelajaran, Bisa Tekan Angka Pengangguran

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 08:55 WIB
Perwakilan Kadin DIY usai menyerahkan cinderamata kepada perwakilan Kadin Trier yang dipimpin CEO IHK Trier DR. Jan Glockauer saat diskusi di Semarang, Senin (1/8). (suaramerdeka.com/Modesta Fiska)
Perwakilan Kadin DIY usai menyerahkan cinderamata kepada perwakilan Kadin Trier yang dipimpin CEO IHK Trier DR. Jan Glockauer saat diskusi di Semarang, Senin (1/8). (suaramerdeka.com/Modesta Fiska)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pengembangan pendidikan sistem vokasi ganda berstandar Jerman mampu menyerap tenaga kerja sehingga menekan angka pengangguran.

Pendidikan kejuruan sistem ganda ini menyelaraskan dua tempat pembelajaran yakni di perusahaan dan sekolah.

Direktur Edukadin Jawa Tengah Agustina Devi menyampaikan, Jerman menjadi negara yang sangat sukses menerapkan vokasi sistem ganda dimana siswa akan magang dan belajar di sekolah kejuruan.

Baca Juga: Berbahagialah 5 Zodiak Ini, Akan Dijatuhi Keberuntungan Berupa Rezeki dan Cuan di Awal Agustus 2022

''Calon pemagang ini interview ke perusahaan yang diinginkan, nanti perusahaanya yang akan mendaftarkan ke IHK (Kadin) Trier. Biasanya dua hari bersekolah, tiga harinya magang,'' kata Agustina Devi di sela pertemuan kemitraan pendidikan dan pelatihan vokasi di Semarang, Senin (1/8).

Tidak semua perusahaan bisa mengikuti program pemagangan ini hanya yang sudah terdaftar dan memiliki pelatih di tempat kerja.

Langkah ini dilakukan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten sesuai yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Baca Juga: Asyik, 5 Zodiak Ini Akan Ketumpahan Rezeki dan Karir Melambung, Mungkin di Antaranya Anda?

Kerja sama Kadin Jateng dan IHK Trier terkait pendidikan vokasi diharapkan bisa mengakselerasi program ini di Jawa Tengah.

''Untuk penawaran layanan orientasi profesi juga sudah dipersiapkan ada 14 anak akan berangkat ke Jerman 22 Agustus nanti. Seleksinya cukup ketat dan mereka sekolah serta magang di perusahaan yang besar,'' kata Devi.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

UPGRIS Jajaki Kerja Sama Perguruan Tinggi Thailand

Sabtu, 28 Januari 2023 | 22:33 WIB

Rektor USM Hadiri Rapimnas PII 2023 di Balikpapan

Selasa, 24 Januari 2023 | 20:54 WIB
X