Aplikasi Arsip Elektronik Dorong Optimalisasi Tata Kelola Arsip Sekolah

- Rabu, 27 Juli 2022 | 12:36 WIB
Peserta pengabdian Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang (Unnes) sedang mengikuti kegiatan pelatihan di Grobogan. (suaramerdeka.com / Fista Novianti)
Peserta pengabdian Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang (Unnes) sedang mengikuti kegiatan pelatihan di Grobogan. (suaramerdeka.com / Fista Novianti)

GROBOGAN, suaramerdeka.com - Tim pengabdian Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Semarang (Unnes) mendorong optimalisasi tata kelola arsip sekolah melalui penggunaan aplikasi arsip elektronik.

Ketua Tim Pengabdian, Dr Nina Oktarina menuturkan, untuk mengoptimalkan tata kelola arsip sekolah, Tim Pengabdian FE Unnes memberikan pelatihan berupa peningkatan optimalisasi tata kelola arsip sekolah.

Di antaranya, melalui pengelolaan arsip berbasis digital kepada guru dan staff tata usaha sekolah penggerak di kabupaten Grobogan, belum lama ini.

Baca Juga: Hasil Laga Uji Coba: Real Madrid dan America Bermain Imbang 2-2

''Arsip memiliki peran penting dalam mendukung sekolah yang akuntabel. Karena arsip merupakan sumber dan sebagai barang bukti pertanggung jawaban. Akan tetapi selama ini masih banyak sekolah yang belum memiliki pengelolaan arsip yang baik,'' tuturnya.

Dikatakannya, sehingga kegiatan kearsipan yang telah dilakukan selama ini belum sesuai dengan tujuannya yaitu untuk mempermudah saat penemuan kembali.

Permasalahan tersebut dapat dilihat dari belum adanya staf khusus yang terampil atau ahli dalam bidang kearsipan dan keterbatasan sarana dan prasarana yang belum memadai.

Oleh sebab itu pada kegiatan tersebut, tim pengabdian memberikan pelatihan berupa praktek penggunaaan aplikasi E-Arsip berbasis 8 Standar Nasional yang telah dikembangkan oleh Dr Nina Oktarina.

Baca Juga: Gempa Berkekuatan 7,1 SR Guncang Filipina Utara, Bangunan Rusak Parah

''Pengembangan aplikasi E – Arsip berbasis 8 standar Nasional merupakan salah satu inovasi teknologi dalam bidang kearsipan yang secara khusus di kembangkan dengan berdasarkan 8 standar nasional pendidikan yang berlaku di Indonesia,'' ujar Nina.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siswa SMKN 3 Salatiga Juara Lomba Tingkat ASEAN

Selasa, 15 November 2022 | 06:05 WIB
X